Categories

MARKETING

[idea@work] Digital Marketing: Langkah Praktis Mempromosikan Blog Untuk Bisnis (Bagian 2)

guest post - 18 December 2013

Catatan Editorial: Kolom idea@work yang hadir atas kerja sama dengan Idea Imaji kali ini akan membahas Langkah praktis mempromosikan blog untuk bisnis. Artikel juga termasuk tips untuk konten agar menarik bagi pembaca. Apa saja? Simak artikel bagian satu berikut ini.

Di tulisan pertama kita sudah membahas tentang bagaimana blog diginakan oleh berbagai organisasi sebaggai medium untuk berkomunikasi dan tetap terhubung dengan konsumen. Perkembangan ini membutuhkan cara membuat blog menjadi media efektif untuk membantuk bisnis.

Tulisan pertama juga memuat poin pertama untuk membuat konten blog agar menarik bagi pengunjung. Di bagian kedua ini akan diulas tentang mempromosikan blog, khususnya tentang langkah bagaimana membagikan konten dengan efektif.

Untuk memperkenalkan konten yang ada di blog maka kita harus melakukan proses mempromosikan blog. Konten blog yang menarik bisa tidak terbaca oleh calon pengunjung karena kurangnya promosi. Promosi bisa dilakukan melalui banyak cara. Media buying semacam Google Ads, Facebook Ads, Twitter Ads, atau semacamnya adalah beberapa cara mudah namun memakan biaya tidak sedikit dalam mempromosikan blog.

Sebelum kita melakukan langkah media buying, sebaiknya kita mempromosikan blog dengan cara yang mudah, efektif dan lebih ekonomis memanfaatkan jejaring sosial. Salah satunya adalah dengan melakukan share yang efektif melalui 4 langkah mudah berikut:

1. Gunakan Copy yang Tepat Untuk Setiap Jaringan Media Sosial yang Akan Anda Gunakan 

Setiap platform media sosial memiliki ciri khas tersendiri, dengan karakter pengguna yang berbeda-beda. Pahami karakter semua media sosial yang akan Anda manfaatkan untuk blog post sharing. Sebagai contoh, jika Anda akan menggunakan Facebook dan Twitter, jangan menggunakan copywriting yang sama untuk kedua platform yang berbeda tersebut. Gunakanlah copywriting yang telah disesuaikan untuk memenuhi standar keduanya.

Facebook dan Twitter memiliki aturan yang berbeda. Anda memiliki jatah 5.000 karakter dalam setiap Facebook posting, akan tetapi Twitter hanya memberikan 140 karakter dalam setiap kicauan. Twitter memaksa menjadi lebih singkat dan efisien dalam berekspresi dibandingkan dengan Facebook.

Setelah itu, pahami karakter pengunjung Facebook dan Twitter Anda. Meskipun cukup banyak orang yang menggunakan keduanya, namun besar kemungkinan mereka mengharapkan hal yang berbeda ketika mengunjungi platform media sosial yang berbeda.

2. Share Blog Post Anda Berkali-kali!

Once is never enough. Share blog post Anda berkali-kali di media sosial. Tidak semua orang yang terhubung dengan akun media sosial Anda akan melihat posting share blog dalam satu kali post. Untuk membuat mereka membaca share blog post milik Anda, lakukan hal ini berkali-kali.

Tapi ingat, share berkali-kali tidak berarti Anda bebas melakukannya kapanpun sehingga menimbulkan efek seperti spamming. Efek spamming ini tidak hanya akan mengganggu orang lain tapi juga membuat branding Anda terlihat buruk, hal ini tentu bukanlah efek sharing yang Anda inginkan.

Share blog berkali-kali dengan mempertimbangkan waktu yang pas untuk memaksimalkan efek yang diinginkan. Lihat “prime time” di setiap kanal media sosial, yaitu waktu di mana kebanyakan followers atau fans Anda sedang online. Jika Anda tidak bisa melakukan share berkali-kali sendirian secara manual, gunakan scheduling tools. Sebagai contoh, scheduling tools yang bisa Anda gunakan di antaranya adalah Tweetdeck, Hootsuite, atau Sprout Social.

3. Jadilah Lebih Sosial: Lakukan Engagement Pada Blog Sharing Anda.

Ketika melakukan sharing, beberapa platform media sosial menyediakan fitur untuk mention/tag orang tertentu. Yang perlu diingat adalah untuk melakukan hal ini dengan seksama. Mention/tag mereka yang memiliki interest yang sama dengan Anda. Jika Anda melakukannya secara asal, dikhawatirkan Anda akan dianggap melakukan spam.

Setelah Anda selesai melakukan sharing, akan ada kemungkinan jika seseorang melakukan re-share atau re-tweet terhadap post tersebut. Jika hal itu terjadi, silakan return the favor, mengucapkan “terima kasih” adalah hal paling simple yang bisa Anda lakukan.

Lebih jauh lagi, Anda dapat menggunakan kesempatan tersebut untuk melakukan conversation dan membangun hubungan baik dengan fans/followers Anda. Jika mereka me-mention/tag pada beberapa post yang mereka publish, lakukan hal yang sama. Hubungan baik ini akan menjadi sebuah simbiosis mutualisme yang memberikan banyak benefit yang tidak hanya memberikan keuntungan dari sisi ekonomi tapi juga dari sisi sosial.

4. Buatlah Share Lebih Mudah: Tambahkan Social Media Widget

Asumsikan bahwa konten blog yang telah Anda buat sudah sangat menarik dan beberapa pengunjung ingin orang lain membaca apa yang telah Anda tuliskan. Pengunjung akan meng-copy link URL blogpost Anda dan membagikannya di media sosial milik mereka, tapi ini akan sangat merepotkan. Dengan tidak begitu banyak pengunjung yang memiliki waktu untuk melakukan hal itu, proses ini dapat dibuat lebih mudah dengan menambahkan widget media sosial sebanyak mungkin pada blog post milik Anda.

Demikian beberapa tips dan langkah praktis untuk mempromosikan blog organisasi atau bisnis dengan lebih efektif. Sudah siap untuk membuat bisnis Anda lebih berkembang dengan memanfaatkan blog?

Yuk, dimulai dari sekarang!

Sumber gambar header Blog via Shutterstock. 

References:

1. Cleg, Jason. 2013. Convert with Content: 5 Tips For Sharing Your Blogpost. Retrieved:

November, 27th 2013, 10.00 AM (GMT: 7+). Url link: http://www.convertwithcontent.com/5-tips-sharing-blog-posts/

2. Gerber, Scoot. 2011. Mashable: 11 Pro Tips for Better Business Blogging. Retrieved:

November, 29th 2013, 01.00 PM (GMT: +7). Url link: http://mashable.com/2011/03/24/better-business-blogging/

3. Watts, Dechay. 2013. Sprout Content: 19 Reasons Why Your Business Should Be

Writing a Blog. Retrieved: November 28th. Url link: www.sproutcontent.com/blog/bid/106416/19-Reasons-Why-Your-Business-Should-Be-Writing-a-Blog

4. Wehner, Clayton. 2010. Slide Share: How to use a Blog to Market your Business. Retrieved:

November, 28th 2013, 07.00 PM (GMT: +7). Url link: http://www.slideshare.net/bluetrain/how-to-use-a-blog-to-market-your-business

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter