[idea@work] Media Sosial dan Manfaatnya Bagi Marketing Perusahaan

 Catatan Editorial: Kolom idea@work yang hadir atas kerja sama dengan Idea Imaji kali ini akan membahas tentang tema berkaitan dengan media sosial dan manfaatnya bagi marketing perusahaan, dilengkapi beberapa data tentang pengguna media sosial di Indonesia serta beberapa manfaat dari media sosial bagi brand/bisnis. 

Teknologi, khususnya dunia digital dan internet semakin mempengaruhi gaya hidup masyarakat Indonesia. 61 juta pengguna Internet, 50,5 juta pengguna Facebook, dan 29 juta pengguna Twitter adalah angka-angka yang menunjukkan besarnya pasar dunia digital di Indonesia (data pada tahun 2012). *)

  1. 40% dari pengguna internet di Indonesia (24,2 juta orang) mengakses internet lebih dari 3 jam setiap harinya.
  2. 58 juta orang (95%) mengakses internet dari notebook, netbook, tablet dan perangkat seluler.
  3. Komunitas terbesar pengguna internet didominasi oleh kalangan middle class.
  4. Mayoritas pengguna internet di Indonesia berada di rentang usia 15-35 tahun.
  5. 3,7 juta orang (6%) pernah melakukan transaksi e-commerce.
  6. Budget rata-rata pembelian secara online adalah 150 ribu rupiah.

Jumlah netizen Indonesia yang terus berkembang ini merupakan market baru bagi brand/bisnis yang segera berlomba-lomba menjangkaunya.

Kembali pada data di atas, jejaring sosial merupakan sebuah fenomena yang luar biasa saat ini. Pengaruh jejaring  sosial dalam dunia marketing saat ini cukup besar, namun apakah semua platform jejaring sosial mampu menjadi alat untuk marketing campaign yang efektif bagi brand/bisnis?

Belum banyak orang memahami tentang social media marketing dan bagaimana cara menggunakannya. Media Sosial merupakan platform yang efektif untuk berkomunikasi, mendengarkan pendapat pelanggan/calon pelanggan dan promosi,  baik secara langsung atau tidak langsung.

Beberapa manfaat social media marketing untuk brand/bisnis adalah:

  1. Customer Engagement

Customer mempunyai keinginan lebih untuk melakukan pembelian jika brand mampu secara pribadi terlibat dengan mereka, untuk memenuhi kebutuhan mereka. Social Media Report 2012 dari Nielsen mengungkapkan bahwa di kawasan Asia-Pasifik, tingkat pengembilan keputusan pembelian (buying decision) berdasarkan informasi dari media sosial dapat mencapai lebih dari 50%.

  1. Brand Building

Users potensial akan melihat dan menganggap suatu brand berbeda dengan brand lain yang tidak pernah mereka kenal sama sekali. Perbincangan di media sosial menghadirkan cara yang sempurna untuk menaikkan brand awareness, meningkatkan pengenalan merek (brand recognition) dan menaikkan loyalitas merek (brand loyalty).

  1. Instant Feedback

Di media sosial, kita bisa mendapatkan komentar dan pendapat dari users secara real-timeReview positif ataupun negatif dari users mengenai produk /jasa yang ditawarkan oleh brand juga merupakan hal yang penting bagi brand, karena dengan hal tersebut, brand bisa langsung mengatasi permasalahan dengan cara yang lebih pro-aktif.

  1. Market Research

Kita bisa mendapatkan data riset pasar tentang potensial users/client, untuk membangun strategi yang diperlukan untuk mendapatkan perhatian mereka. Kita juga bisa menemukan niche market, mempelajari kebutuhan dan keinginan users. Tidak kalah penting, kita juga bisa mempelajari tindak tanduk competitor lewat media sosial.

  1. SEO Improvement

Jejaring sosial adalah backlink yang kuat untuk website dan bisa meningkatkan jumlah kunjungan ke website.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari social media marketing apabila diterapkan dengan tepat. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah mendapatkan manfaat tersebut? Silakan berbagi pengalaman Anda di kolom komentar dibawah.

*Sumber: MarkPlus Insight, dikutip dari Dailysosial.net.

Profil penulis

Mohamad Gandara, penggemar kopi dan gorengan ini berperan sebagai Chief Marketing Officer di Idea Imaji. Di sela kesibukannya, pria berzodiak Taurus yang mengaku setia ini selalu berusaha untuk mengamalkan hobinya mengoleksi Lego dan juga bermain Final Fantasy. Ia bisa distalking di akun twitter @6andara.