Categories

Gadget

Ideo Coba Gabungkan Desain Mobil Transparan Futuristik Sekaligus Ruang Meeting?

Yoga Wisesa - 27 November 2014

Seandainya satu jam ialah waktu yang dibutuhkan dalam berkendara dari rumah ke kantor, setidaknya selama sebulan kita menghabiskan 40 jam di perjalanan. Itu setara dengan lima hari kerja. Bayangkan jika kesempatan tersebut digunakan untuk kegiatan-kegiatan lebih bermakna, contohnya meeting, atau sekedar duduk santai sambil menyeruput kopi.

Sebuah perusahaan konsultan desain asal Kalifornia mempunyai visi. Melalui tiga buah konsep rancangan kendaraan masa depan, Ideo mencoba menjelajahi potensi mobil tanpa pengemudi dengan beberapa fungsi berbeda - tempat berkumpul, area bekerja serta layanan pengiriman on-demand. Tetapi mereka semua memiliki satu kesamaan: memanfaatkan body transparan.

Rancangan pertama tidak terlalu berbeda dari kendaraan yang ada sekarang. Ia hadir layaknya mobil perkotaan biasa. Bedanya, ada lebih banyak ruang di dalam untuk mengerjakan aktivitas produktif. Ideo berargumen, sistem tanpa pengemudi akan menjadi faktor krusial di masa depan. Ia membuat proses transportasi lebih efisien, aman, dan menjawab masalah peningkatan kepadatan penduduk.

Jika tiap mobil tersinkronisasi, tingkat kemacetan dan polusi udara dapat diminimalisir. Pengendara lain bisa tahu apakah Anda mengendalikan langsung atau mode 'autopilot' sedang diaktifkan. Di mobil fituristik ini, pengguna dapat merapikan jadwal kerja, melakukan video call, atau menonton siaran ulang acara televisi. Mengobrol atau menjawab telepon tak lagi jadi masalah.

 

Info menarik: Toyota Mirai, Mobil Berbahan Bakar Hidrogen Pertama di Dunia

 

Pada mobil selanjutnya, gagasan tersebut Ideo angkat lebih jauh. Mereka mengenalkan Work On Wheel atau WOW. Ia merupakan kendaraan jemputan kantor sekaligus ruang kerja dan meeting berkualitas tinggi. Ketika keluar rumah dan menaiki WOW, Anda sudah siap bekerja. Work On Wheel juga mampu memaksimalkan fungsi ruang perkotaan.

Teorinya, perusahaan hanya perlu menyediakan tempat parkir sebagai kantor. Saat Anda mengerjakan tugas sehari-hari, mobil WOW akan mengisi ulang baterainya, kemudian kembali mengantarkan Anda ke rumah begitu waktu kerja usai. Anda butuh tempat meeting di lokasi-lokasi kondusif namun eksotis? WOW bisa mengantar Anda dan client ke pinggir danau atau pantai, atau mungkin di dekat kedai kopi favorit.

Terakhir adalah Cody, mobil pengiriman barang tanpa kurir. Teknologi driverless car memastikan ia mampu memilih rute terbaik, mengurangi tingkat human error. Lalu apa yang harus kita lakukan ketika Cody tiba di depan rumah membawa pesanan Anda? Mudah saja, sistem pemindai biometrik (sidik jari atau retina) akan mendeteksi identitas Anda. Pemesan barang juga mudah untuk melacak paket kiriman.

Menurut IDEO, dalam kurun waktu 15 tahun ke depan, mobil-mobil seperti ini akan menjadi hal lumrah di jalanan-jalanan ibukota.

Sumber: Ideoautomobility.com. Via Mail Online.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter