Categories

Berita

IDX Incubator Direncanakan Hadir di Triwulan Pertama Tahun Ini (UPDATED)

Sebuah program inisiatif dari Bursa Efek Indonesia untuk membantu mengembangkan startup dan memudahkan untuk IPO

Prayogo Ryza - 31 January 2017

Kurang lebih setahun lalu Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan akan siap bantu startup dengan membangun inkubator. Awal minggu ini berita mengenai rencana BEI tersebut kembali muncul ke permukaan. Dinamakan IDX Incubator, program BEI untuk startup ini melakukan ground breaking Senin pekan ini. Rencananya program IDX Incubator akan membantu startup untuk tumbuh dan mempersiapkan untuk IPO (Initial Public Offering).

Disampaikan Kepala Unit Startup dan UKM BEI Aditya Nugraha saat ini pihaknya masih menyiapkan dan merumuskan beberapa hal terkait dengan program IDX Incubator. Salah satu yang tengah disiapkan adalah syarat-syarat bagi startup yang ingin bergabung dengan IDX Incubator.

“Ada, saat ini tim kami masih merumuskan persyaratan peserta program,” terang Aditya ketika ditanya mengenai syarat-syarat bergabung dengan IDX Incubator.

Meski sudah melakukan ground breaking tanggal peluncuran IDX Incubator masih belum dipastikan. Ketika ditanya mengenai tanggal peluncuran Adit hanya menjawab IDX Incubator akan hadir di triwulan pertama tahun ini.

“Insya Allah triwulan pertama 2017 mas,” jawab Adit singkat.

Hadirnya IDX Incubator ini juga menjadi salah satu bukti bahwa BEI memiliki perhatian dengan industri startup tanah air. Informasi yang kami terima nantinya selain berisi program-program pembinaan startup IDX Incubator juga akan menghadirkan co-working space dan kemudahan bagi startup untuk melakukan IPO. BEI rencananya juga akan menggandeng para stakeholder, pemain startup, dan juga para praktisi pasar modal untuk membantu startup tidak hanya berkembang dari segi teknis operasional tetapi juga legal, bisnis, dan keuangan.

“IDX Incubator diharapkan dapat melengkapi ekosistem startup di Indonesia, dan menjadi langkah awal bagi startup yang ingin melakukan IPO serta menjadi Perusahaan Tercatat di Indonesia,” ungkap Adit menjelaskan.

Saat ini industri startup dan UKM secara umum tengah menjadi sorotan pemerintah. Beberapa regulasi yang kabarnya akan membantu tumbuh kembang sektor ini terus digulirkan. Lembaga-lembaga seperti OJK, Kadin dan BEI menjadi perwakilan pemerintah yang turut hadir menyemarakkan industri startup dengan regulasi dan program inisiatif untuk mengembangkan startup.

Dengan kemudahan IPO yang ditawarkan oleh IDX Incubator patut kita tunggu apakah akan mengundang minat para startup untuk melantai di bursa saham Indonesia.

Update : Pendaftaran sudah mulai dibuka, program IDX Incubator akan dimulai akhir Februari. Program akan berlangsung selama 6 bulan per batch. Setelah masa 6 bulan peserta akan menjadi alumni dan tetap memiliki kesempatan untuk mengikuti workshop atau event lain yang diselenggarakan BEI.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter