1. Startup

iflix dan Wattpad Hadirkan Konten Original di Indonesia

Telah memiliki 9 juta pengguna di tanah air, bakal mengadopsi konten di Wattpad menjadi produk sendiri

Untuk memperkuat dan menambah konten original, layanan video on demand iflix mengumumkan kerja sama dengan Wattpad. Sebagai Perusahaan hiburan multiplatform global yang menggunakan kekuatan komunitas dan teknologi, Wattpad memiliki lebih dari 65 juta pengguna di seluruh dunia, dengan lebih dari 17 juta pengguna di Asia Tenggara. Cerita original di Wattpad yang kebanyakan diunggah oleh pengguna Wattpad, dengan jumlah pengguna sekitar 65 juta pengguna di seluruh dunia, dengan lebih dari 17 juta pengguna di Asia Tenggara.

"Dengan bekerja bersama iflix, kami dapat menghadirkan cerita-cerita lokal kesukaan jutaan pengguna layanan kami di Indonesia dan Asia Tenggara yang tidak sabar untuk dapat menyaksikan adaptasi filmnya di iflix,” kata Head of Wattpad Studios Aron Levitz.

Melihat potensi tersebut, iflix yang saat ini telah memiliki 9 juta pengguna di Indonesia, berencana untuk mengadopsi konten original dari Wattpad untuk menjadi bagian dari katalog konten original premium di iflix. Tercatat hingga kini sudah ada sekitar 6 juta cerita original Indonesia yang diunggah melalui Wattpad.

“Penceritaan adalah fondasi dari segala jenis hiburan yang luar biasa. Bersama Wattpad, kini kami memiliki kesempatan untuk berkolaborasi dengan ribuan penulis Indonesia berbakat untuk menghadirkan cerita-cerita mereka kepada jutaan pengguna iflix di Indonesia," kata Chief Content Officer iflix Sean Carey.

Sebelumnya, Iflix telah menjalin kerja sama dengan rumah produksi lokal Rapi Films, menghadirkan konten film Indonesia. Dengan menghadirkan banyak film-film baru kepada para pengguna iflix secara gratis, secara signifikan mendiversifikasi dan memperluas deretan konten iflix Original.

Machine learning untuk pengembangan iflix Original

Rencana iflix dan Wattpad adalah mengidentifikasi cerita-cerita dan tren yang sesuai menggunakan machine learning untuk dikembangkan sebagai iflix Original, kemudian sepanjang tahun 2019 nanti akan memasuki proses produksi puluhan film original tersebut.

Wattpad nantinya akan mengidentifikasi cerita-cerita dan tren yang sesuai untuk dikembangkan sebagai film original iflix menggunakan brand iflix Original. Indonesia disebut sebagai pasar yang menarik dan salah satu yang terbesar secara global bagi Wattpad dan iflix.

"Distribusi tradisional dan persyaratan platform tidak lagi menjadi kendala, analisis mendalam terhadap data juga digunakan untuk mengukur kinerja dan keterlibatan pengguna, kesepakatan ini memungkinkan kami untuk menciptakan produksi original yang menarik dari cerita lokal yang terkenal,” kata Sean.

Application Information Will Show Up Here
Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again