Categories

Interview

iflix Mulai Gencarkan Layanan Live Streaming untuk Tayangan Eksklusif

Melihat bagaimana ketertarikan pengguna dan strategi iflix untuk meningkatkan penetrasinya

Randi Eka - 28 August 2017

Dari beberapa penyedia layanan Video on Demand (VoD) yang beroperasi di Indonesia, iflix menjadi salah satu yang paling populer. Debutnya di Indonesia cukup kuat, salah satunya karena bekerja sama langsung dengan operator Indosat Ooredoo dalam penyampaian layanan. Di luar produk umum sebuah layanan VoD, yakni video premium berlangganan, iflix beberapa waktu terakhir mencoba menayangkan sajian video baru.

Beberapa waktu terakhir iflix gencar mengampanyekan layanan live streaming, di antaranya untuk penayangan acara sepak bola dan tinju, salah satunya pada perhelatan Floyd Mayweather Jr. vs Conor McGregor baru-baru ini bekerja sama dengan TVOne. Menarik karena bisa dikatakan langkah yang cukup berani, mengingat para pesaingnya seperti Netflix tidak melakukannya, tetapi terus fokus memanjakan penggunanya dengan konten premium sebagai alternatif tontonan televisi.

Untuk mengetahui animo layanan pengguna terhadap live streaming di iflix, DailySocial mencoba menghubungi pihak manajemen iflix di Indonesia. Marketing Manager iflix Indonesia Tiara Sugiyono menyampaikan bahwa produk live streaming yang diluncurkan mendapat sambutan cukup baik di kalangan masyarakat Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah engagement, yaitu menit yang ditonton di setiap pertandingannya berjumlah 500,000 menit.

Angkat yang cukup signifikan tatkala pengguna sebenarnya juga memiliki opsi menonton acara tersebut melalui televisi ataupun layanan streaming web. Pihak iflix pun mengaku terus menggencarkan strategi untuk menggencarkan layanan tersebut, sebagai nilai plus untuk para pelanggannya.

"Kami mempromosikan fitur live streaming pada semua platform promosi yang dilakukan dan dimiliki iflix mulai dari Radio Ads, TVC, Social Ads, Web Ads, DOOH, EDM, SMS blast & Push Notification. Untuk mendorong pengguna aktif yang telah berjumlah 2 juta di Indonesia," ujar Tiara menyampaikan strategi peningkatan pengguna layanan live streaming.

Di lain sisi, untuk layanan video komersial iflix juga terus berusaha memperluas opsi konten, termasuk membuat konten lokal. Setelah beberapa waktu lalu resmi mengumumkan kerja sama dengan Disney, dalam waktu dekat dua konten eksklusif produksi Indonesia juga akan segera diluncurkan, bertajuk startup comedy dan mini series.

Layanan VoD telah menjadi alternatif hiburan pengguna perangkat pintar di Indonesia. Dengan ragam pilihan tontonan premium yang disajikan, model VoD menawarkan paket berlangganan untuk penggunanya. Saat ini umumnya perusahaan VoD menggandeng operator seluler untuk menyampaikan layanannya bersama paket data khusus.

Survei bertajuk "Video on Demand Services 2017" yang dilakukan DailySocial menyiratkan salah sektor ini semakin mendapatkan animo masyarakat yang "haus" akan tayangan berkualitas yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter