1. Lifestyle

IGN: Infografis Microsoft Kinect vs PlayStation Camera

Sebelumnya IGN telah merilis sebuah infografis yang mengadu spesifikasi dan fitur Sony PlayStation 4 dengan Xbox One. Mereka kini mengkomparasi kemampuan periferal serta teknologi kamera dan motion control. IGN tidak lupa membahas satu per satu fitur eksklusif yang dimiliki masing-masing platform.

Silakan nikmati infografisnya lebih dulu di bawah ini:

Kita tahu Microsoft sangat bangga dengan kemampuan sensor Kinect 2.0 baru mereka. Kinect ini didesain untuk menganalisa dengan lebih detail dengan rasio pergerakan akurat yang mampu meminimalisir lag ke tingkat maksimal.

Selain Kinect, Xbox One didukung SmartGlass dimana player dapat mengatur pertandingan multiplayer hanya dengan perangkat tablet atau smartphone yang mereka miliki tanpa mengganggu jalannya permainan di layar televisi. Di sini Anda bisa mengakses tombol bantuan, mem-browsing Achievement, merekam atau memainkan video permainan hingga mempermudah Anda saat mengatur setting TV.

Tentu saja Sony tidak mau kalah. Fitur pertama yang menjadi andalan mereka adalahVita Remote Play dimana Anda bisa memainkan game PlayStation 4 dengan console handheld ini. Seperti GamePad Wii U, pemain mendapatkan 'layar kedua' dalam genggaman mereka - perhatikan bedanya dengan Xbox SmartGlass yang membutuhkan perangkat pintar sebagai layar kedua.

Untuk mengejar ketinggalannya dari Kinect 2.0, Sony membubuhkan sepasang kamera bersensitivitas tinggi dengan lensa akurat yang mampu membaca ruang. Seperti kemampuan Kinect 2.0 juga, ia memiliki fitur 'green screen tanpa green screen' serta mampu memperkirakan perspektif, sudut dan anggota badan secara detail.

Sony PlayStation 4 memiliki perangkat motion control yang telah dirombak. Ia dirancang ulang dari hardwre DualShock 4 dan terintegrasi dengan PlayStation Camera yang telah saya bahas di atas. Light Bar, itulah motion control a la Wii Remote ini.

Jika Xbox SmartGlass terintegrasi langsung dengan aplikasi, Sony menyajikan aplikasinya secara terpisah. Dan hal ini membuat PlayStation 4 memiliki dua buah pilihan second-screen. PlayStation App tersedia baik untuk platform Android maupun iOS.

Untuk saya sendiri, Xbox One dan PlayStation berdiri sejajar - tidak ada yang lebih buruk ataupun lebih baik. Keduanya memiliki strategi dan target pasar berbeda, masing-masing dengan kelebihan maupun kekurangannya. Kini nasib mereka berada pada kesetiaan konsumen serta fans dan pilihan-pilihan game yang tersedia.

Via IGN. Gambar diolah dari PS4spot.ca dan SlashGear.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again