Salah satu fitur paling menarik yang iOS 11 tawarkan adalah dukungan teknologi augmented reality (AR) secara native. Berkat API baru bernama ARKit, developer jadi bisa mengembangkan konten AR yang lebih bagus lagi ketimbang sebelumnya dengan memaksimalkan hardware yang dimiliki perangkat iOS.

Salah satu developer yang sudah tancap gas dan berkomitmen untuk memaksimalkan potensi ARKit di iOS 11 adalah Ikea. Ya, produsen furniture asal Swedia itu maksud saya. AR sejatinya bukan benda asing buat Ikea. Mereka sudah mengadopsi teknologi tersebut sejak tahun 2013 pada aplikasi katalognya untuk iOS, seperti yang bisa Anda lihat pada video di bawah ini.

Namun berkat ARKit, Ikea yakin bahwa konten AR yang mereka ciptakan bisa lebih matang lagi daripada sebelumnya. Berbicara kepada Digital.di, Michael Valdsgaard selaku Digital Transformation Manager di Ikea bilang kalau teknologi AR milik Apple amatlah canggih, dengan tingkat presisi mencapai level milimeter dan efek pencahayaan yang sangat akurat.

Memangnya sebagus apa? Apple sempat mendemonstrasikannya pada ajang WWDC 2017 lalu, dan Anda bisa menilainya sendiri dengan menonton video di bawah ini. Di situ Anda bisa melihat betapa sinergi antara hardware dan software bisa menyuguhkan pengalaman AR yang tampak nyata.

Rencana Ikea dengan aplikasi AR-nya ini adalah untuk memberikan pengalaman berbelanja baru kepada konsumen. Melalui aplikasinya, konsumen dapat menempatkan sofa di ruang tamunya, lalu lanjut membelinya langsung lewat situs e-commerce Ikea.

Ikea rencananya bakal menyiapkan sekitar 500 – 600 produk yang bisa ditinjau lewat aplikasi AR-nya. Ke depannya, setiap kali Ikea meluncurkan produk baru, produk tersebut bakal muncul lebih dulu di aplikasi AR-nya, menunjukkan komitmen besar Ikea terhadap implementasi AR pada bisnisnya.

ARKit di iOS 11 memungkinkan developer untuk memaksimalkan hardware perangkat iOS guna menyajikan konten AR yang lebih baik / Apple
ARKit di iOS 11 memungkinkan developer untuk memaksimalkan hardware perangkat iOS guna menyajikan konten AR yang lebih baik / Apple

AR sejatinya memang punya peran besar dalam tren baru yang boleh kita sebut dengan istilah virtual shopping. Melihat foto produk di situs Ikea saja tidak cukup untuk meyakinkan konsumen. Sebaliknya, terkadang konsumen kesulitan untuk langsung datang ke toko fisik Ikea. Aplikasi AR inilah yang akan menjadi jalan tengah yang ideal.

Ikea rencananya akan merilis aplikasi AR ini bersamaan dengan peluncuran iOS 11 di musim semi mendatang. Akan tetapi saya tidak kaget kalau Ikea memutuskan untuk menundanya demi menghadirkan pengalaman yang benar-benar matang.

Sumber: 9to5Mac.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.