1. DScovery

Iklan Advertorial Adalah: Arti, Contoh dan Cara Membuatnya

Jangan menunda untuk mengiklankan produk atau bisnis mu dengan menggunakan iklan advertorial. Banyak sekali manfaatnya salah satunya keunikannya. Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Advertorial seperti namanya, adalah salah satu bentuk periklanan. Pengemasan iklan ini unik karena memiliki caranya sendiri dalam melakukan sesuatu. Mari jelajahi bersama apa itu advertorial, kelebihan dan kekurangannya, dan bagaimana iklan bisa menjadi pemasaran yang bagus untuk bisnismu.

Berikut DailySocial.id akan menjelaskan tentang advertorial secara mendalam untukmu pada artikel di bawah ini!

Pengertian Advertorial

Kata advertorial sendiri secara linguistik terdiri dari dua kata bahasa Inggris: advertising dan editorial. Jadi, berdasarkan pemahaman kami tentang sumbernya, iklan advertorial adalah salah satu bentuk strategi pemasaran yang menggunakan gaya jurnalistik, dengan enam berita (5W+1H).

Advertorial adalah salah satu bentuk jurnalisme, jadi iklan semacam ini merupakan teknik pemasaran yang cerdik. Jika iklan umumnya menggunakan gaya klise persuasif, penulisan artikel menggunakan gaya jurnalisme yang lebih informatif.

Prospek iklan jenis ini lebih besar dibandingkan dengan iklan biasa. Karena pembaca merasa tidak membaca konten promosi. Itu membuat Kamu merasa seperti sedang membaca pesan informatif.

Iklan ini biasanya dimuat di surat kabar dan majalah. Selain waktu, iklan ini juga dapat dilihat di website dan media sosial. Setiap platform media biasanya memiliki aturan tersendiri terkait iklan ini.

Fakta Tentang Advertorial

Seperti iklan tradisional, ketika bisnis menggunakan artikel periklanan untuk mempromosikan produk dan layanan mereka, mereka perlu memastikan bahwa iklan tersebut memiliki tone dan konten yang tepat untuk audiens mereka. Iklan di majalah keuangan dan situs web berita sains memiliki tone yang berbeda dengan iklan di majalah gosip selebriti.

Konten advertorial biasanya meniru gaya editorial publikasi, seperti penulisan judul, font yang digunakan, tata letak, dan ilustrasi. Dalam banyak kasus, Kamu melibatkan pembaca dengan menceritakan kisah yang berkaitan dengan masalah atau ketakutan mereka dan menjelaskan bagaimana produk atau layanan Kamu dapat mengatasi masalah tersebut. 

Artikel iklan dapat mendukung klaim dengan statistik, hasil tes, dan fakta yang relevan. Fakta yang tidak mendukung klaim mereka dihilangkan.

Artikel iklan sering diakhiri dengan ajakan bertindak yang memberi tahu pembaca bagaimana dan di mana membeli produk atau layanan

Tujuan dan Fungsi Advertorial

Iklan advertorial sama seperti jenis iklan lainnya, disajikan untuk tujuan mempromosikan barang dan jasa kepada masyarakat, untuk membangkitkan minat membeli barang dan jasa tersebut di kemudian hari.

Namun, tujuan periklanan adalah membangun citra perusahaan dan brand awareness, serta menyajikan informasi yang jelas sehingga masyarakat dapat lebih memahami barang dan jasa yang diiklankan.

Fungsi utama advertorial adalah untuk menyampaikan informasi dalam bahasa sederhana kepada masyarakat umum. Dengan kata lain, iklan ini berperan sebagai pendamping, penerjemah, dan juru bagi iklan yang tampil di media massa. Oleh karena itu, gaya bahasa jurnalistik artikel harus sederhana, jelas, dan mudah dipahami.

Contoh Iklan Advertorial

Advertorial Produk

Jenis advertorial pertama adalah iklan yang memberikan informasi produk tentang kualitas, jenis, atau cara pembuatan produk.

Advertorial Jasa

Iklan jenis ini berisi deskripsi layanan. Diskusi dapat berkisar pada sifat layanan yang disediakan atau sejarah asal layanan tersebut.

Advertorial Korporat

Jenis advertorial ini berbicara tentang bisnis. Ini biasanya mencakup aktivitas perusahaan dan produk jadi perusahaan.

Advertorial Pemerintah

Seperti namanya, iklan ini menunjukkan informasi pemerintah seperti kegiatan atau update terkait layanan pemerintah.

Cara Membuat Iklan Advertorial

Pasti setelah Kamu memahami pentingnya dan kelebihannya dibandingkan iklan lain, ada baiknya Kamu mencoba iklan advertorial ini. Bagi yang ingin membuat iklan advertorial untuk meningkatkan penjualan, berikut beberapa tips membuatnya:

1. Gunakanlah Format Artikel Yang Ringan

2. Pastikan Menggunakan Bahasa Editorial

More Coverage:

3. Hindarilah Penggunaan Bahasa Yang Bersifat Pemasaran

4. Jangan Mengutip Pendapat Atau Komentar Dari Seorang Tokoh

5. Jangan Sembarang Memilih Media

6. Hindari Gaya Bahasa Superlatif

Demikian informasi mengenai advertorial yang sangat cocok untuk menawarkan produk dan jasa mu kepada konsumen. Dengan mempromosikan suatu produk atau jasa sesuai dengan konsep advertorial, maka produk atau jasa yang ditawarkan dapat diminati di pasar. Konsep advertorial sendiri tidak secara langsung mirip dengan periklanan, namun dengan cara yang sangat halus. Semoga artikel ini dapat membantumu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again