YouTube Luncurkan Iklan Berformat Interaktif yang Fungsional

YouTube Luncurkan Iklan Berformat Interaktif yang Fungsional

Pada iklan trailer film misalnya, pengguna bisa melihat jadwal penayangannya di bioskop dan langsung memesan tiket via layanan pihak ketiga
Salah satu contoh iklan interaktif di YouTube / Google
Salah satu contoh iklan interaktif di YouTube / Google

Kita boleh benci terhadap iklan di YouTube (terutama yang tidak bisa di-skip), tapi kita tidak boleh lupa bahwa YouTube hidup dari iklan, dan ini juga yang secara tidak langsung menafkahi para YouTuber favorit kita. Terlepas dari itu, interupsi iklan memang sangat mengganggu, dan itulah mengapa layanan berlangganan YouTube Premium eksis.

Kabar baiknya, tidak selamanya iklan di YouTube akan bersifat mengganggu. YouTube baru saja memperkenalkan format iklan baru yang sifatnya interaktif, membuat iklan terasa jauh lebih fungsional daripada sebelumnya. Format baru ini datang tidak lama setelah YouTube meluncurkan iklan berformat vertikal.

Contoh terbaik format interaktif ini adalah iklan sebuah trailer film baru, seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas. Di Amerika Serikat, pengguna yang melihat iklan itu nantinya bisa melihat jadwal penayangannya di bioskop-bioskop terdekat, lalu langsung memesan tiketnya via layanan seperti Fandango.

Contoh lainnya sebenarnya masih banyak, namun pada dasarnya format interaktif ini bakal memberi nilai lebih pada suatu iklan. Selain menampilkan jadwal tayangan film di bioskop, iklan lainnya nanti memungkinkan pengguna untuk mengunduh aplikasi atau memesan tiket penerbangan menuju ke destinasi wisata yang diiklankan.

Menurut YouTube, sejumlah brand yang sudah memanfaatkan format interaktif ini meliputi Vodafone, Chili’s, 20th Century Fox, Headspace, dan Maybelline. Semuanya melihat peningkatan performa iklan, yang berarti tambahan penghasilan buat YouTube, sekaligus jaminan ekstra bagi kreator yang memercayakan YouTube sebagai platform distribusi andalannya.

Sumber: Mashable dan Google.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Internet
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…