26 December 2012

by wiku

Ikon Game Buatan Pengembang Lokal Dipakai PSY 'Gangnam Style'? (Updated)

Anda follow akun artis Korea PSY? Kalau iya, Anda pasti lihat avatar di profil akunnya yang tampil dengan siluet wajah dengan latar belakang kuning. Ikon untuk profil akun ini ternyata menggunakan ikon yang ada dalam game buatan pengembang Indonesia bernama Icon Pop Quiz.

Icon Pop Quiz dikembangkan oleh Alegrium, pengembang lokal yang juga telah merilis game lain bernama Rob n Roll. Alegrium dikenal dengan kualitas gambar dari game-nya yang keren, Anda bisa melihat kualitas hasil karya mereka di game Rob n Roll. Icon Pop Quiz juga menghadirkan desain yang ciamik, pas dengan nama game mereka yang mengandung unsur pop.

Jika Rob n Roll menghadirkan game play puzzle dengan elemen sneek and hide dengan tokoh utama hamster yang lari dari kejaran kucing, Icon Pop Quiz menghadirkan game play yang lebih sederhana. Anda diharuskan menebak berbagai ikon sesuai dengan kategorinya, ada ikon yang berhubungan dengan tokoh, film, atau pula karakter tertentu. Ikon-ikon populer ini harus ditebak namanya untuk mendapatkan nilai dan meng-unlock level berikutnya. Ada juga fasilitas in-app purchase untuk menghilangkan iklan, menambah token atau untuk meng-unlock semua level.

Nah, salah satu ikon yang tampil dalam keterangan aplikasi ini di iTunes adalah ikon PSY, dengan rambutnya yang khas serta kacamata bulat. Ikon ini juga sepertinya tampil di dalam game dan kemudian digunakan PSY jadi avatar di akun resminya.

Icon Pop Quiz juga menjadi game populer untuk kategori free di App Store Indonesia, saat tulisan ini ditulis posisinya ada di bawah YouTube dan Line.

Saya sendiri mencoba mencari komentar PSY di akun Twitter atas penggunaan ikon ini, namun belum menemukan. Tapi beberapa pengguna dan pemain game Icon Pop Quiz telah melihatnya, mention oleh akun resmi Icon Pop Quiz juga mengisyaratkan bahwa akun Twitter PSY memang mengunakan ikon dari game mereka. (Updated: Akun Twitter Icon Pop Quiz me-reply kami dan memberikan keterangan bahwa PSY memang menggunakan ikon game mereka).

Menarik dan bangga tentunya melihat ikon dari game buatan pengembang lokal digunakan oleh artis aslinya. Penasaran dengan game yang cukup membuat ketagihan ini, Anda bisa menuju App Store atau Google Play Store atau situs resmi mereka.

Koreksi: Judul, seharusnya dipakai bukan di pakai.