1. Lifestyle

Impian Call of Duty: Ghost Mengalahkan Penjualan GTA5 Pupus

Kita tahu Grand Theft Auto V telah meraup keuntungan lebih dari US$ 1 miliar hanya tiga hari setelah diluncurkan, dan beberapa saat lalu petinggi Activision dengan percaya diri mengklaim bahwa mereka akan merebut mahkota best-selling dari Rockstar itu dengan Ghost mereka. Lalu beredar berita bahwa Ghost berhasil mengumpulkan US$ 1 miliar sehari setelah dirilis...

Sayangnya berita tersebut tidak benar. Menurut laporan Kotaku, Activision tidak pernah mendapatkan uang sebesar itu 24 jam setelah peluncuran Ghost. US$ 1 miliar yang mereka sebutkan itu adalah jumlah item dan kopi game 'sold-in', bukan sold-out. Sold-in di sini maksudnya adalah item yang tersaji di tiap-tiap retailer resmi seperti merchandise, action figure hingga kopi game; dan bukan total keuntungan yang mereka dapatkan dari penjualan.

Activision tidak pernah berbohong soal ini, mereka menuliskan informasinya melalui press release. Menurut Kotaku, masalah dimulai saat media mainstream - bukan mereka yang berdedikasi pada berita teknologi serta dunia videogame - menelan berita ini mentah-mentah sembari salah menafsirkannya.

Franchise Call of Duty sendiri telah terjual lebih dari seratus juta kopi dari mulai seri pertamanya yang diluncurkan tahun 2003. Seratus juta kopi lebih untuk kira-kira 20 game Call of Duty - baik untuk console, PC maupun handheld. Jumlah yang mengagumkan, namun masih jauh dari momentum yang dimiliki Grand Theft Auto V. Game Call of Duty terlaris adalah Black Ops 2, ia mengumpulkan keuntungan US$ 500 ribu hanya dalam satu hari penjualan, tapi tentu saja masih jauh di bawah angka GTA V yang menakjubkan.

Awalnya banyak orang menyalahkan studio dan publisher Call of Duty: Ghost karena informasi yang menyesatkan ini, namun sebenarnya para media mainstream-lah yang salah dalam menafsirkan press relase. Tapi benar atau salah, Call of Duty: Ghost tetap mendapatkan publikasi yang mereka inginkan.

Terlepas dari itu, walaupun Ghost mendapatkan skor yang biasa-biasa saja karena gameplay daur ulangnya - media telah lebih dulu mendapatkan kopi reviewer sebelum versi publiknya beredar - game ini tetap saja laris manis.

Gambar header: GeForce.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again