28 January 2016

by Glenn Kaonang

Inbox by Gmail Kini Tampilkan Hasil Pencarian dalam Wujud Kartu Quick Answer

Pengguna tidak perlu mengobok-obok isi email secara manual untuk mendapatkan informasi penting

Tidak henti-hentinya Google menghadirkan fitur baru ke aplikasi email andalannya, Inbox by Gmail. Lewat update terbarunya, aplikasi tersebut kini semakin pintar dalam hal menampilkan hasil pencarian secara cepat dan akurat.

Sehari-harinya kita pasti cukup sering mencari informasi penting yang tersimpan dalam email, mulai dari alamat, nomor keanggotaan, tagihan sampai ID tracking pesanan barang. Selama ini kita memang bisa melakukan pencarian terhadap informasi-informasi tersebut, akan tetapi hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk deretan email, sehingga kita masih harus membukanya secara manual.

Dalam versi terbaru Inbox by Gmail, hasil pencarian akan ditampilkan dalam wujud kartu jawaban yang akan langsung menyorot informasi yang kita cari. Dengan demikian, kita tak perlu lagi membuka email satu per satu untuk menemukan informasi yang kita cari.

Semisal kita mencari status pengiriman dari sebuah barang yang kita pesan secara online, Inbox akan menampilkan hasilnya langsung yang mencakup estimasi tanggal sampainya barang tersebut. Inbox juga menyediakan tombol yang akan memberikan akses cepat untuk melakukan tracking dari barang tersebut.

Di bawah kartu-kartu yang Google sebut dengan istilah "Quick Answer" tersebut, Inbox akan menampilkan deretan email yang disortir berdasarkan waktu. Kendati demikian, Google menjelaskan bahwa besar kemungkinan Anda tak perlu melihat ke bagian ini, karena jawaban yang Anda cari sudah ditampilkan dalam wujud kartu-kartu tadi.

Update ini tentunya membuktikan bahwa Google memang begitu ahli dalam hal pencarian informasi. Bukan tidak mungkin nantinya sistem kartu Quick Answer seperti ini bakal mampir ke Gmail secara luas.

Sumber: Gmail Blog. Gambar header: Google.