1. Startup

Indonesia Bercerita: Layanan Podcast Cerita Anak

Ada beberapa layanan web/internet yang berhubungan dengan aktivitas sosial yang pernah dibahas di DailySocial, diantaranya adalah C3friends yang merupakan jejaring sosial yang diperuntukkan bagi para penderita kanker, berikut ada lagi layanan yang berhubungan dengan aktivitas sosial, Indonesia Bercerita.

Terus terang saya sendiri sudah pernah mendengar situs dan layanan ini jauh-jauh hari, namun teringat kembali ketika salah satu teman saya, seorang peneliti dari Belanda yang bertanya ada saya, apakah ada situs lokal Indonesia yang menyediakan layanan dongeng anak atau yang semacamnya.

Kemudian saya ingat Indonesiabercerita.org, yang menyediakan podcast (mp3) berisi berbagai cerita anak. Di situs mereka, kita bisa mendengarkan langsung podcast cerita anak atau mengunduh berbagai cerita yang tersedia, semua disediakan secara gratis.

Saya kemudian mencoba mengontak salah satu penggagas Indonesia Bercerita, @bukik atau Budi Setiawan. Indonesia Bercerita muncul dari perbincangan di media sosial, Twitter, kemudian muncul ide dari salah satu rekan mas Budi untuk membuat konsep sanggar cerita namun dikemas dengan format MP3, singkat cerita munculah sebuah misi mendidik melalui cerita.

Pemilihan media audio dijelaskan mas Budi berdasarkan beberapa alasan, antara lain bisa membantu orang tua dan guru dalam mendongeng, berselain itu medium audio masih kurang dimaksimalkan di dunia internet Indonesia, padahal biaya produksi lebih murah dari video, selain itu bentuk cerita seperti ini bisa menumbuhkan imajinasi anak dan tentunya anak-anak menyukainya, ini bisa terlihat dari beberapa komentar yang ada di situs mereka.

Indonesia Bercerita menjalankan beberapa kegiatan antara lain, memberikan pelatihan Pejuang Pencerita, Festival Para Pencerita serta Festival Menciptakan Cerita. Mereka juga mengajak siapa saja untuk ikut bergabung dalam kegiatan Indonesia Bercerita, selain mendengarkan Anda juga bisa menggandakan dan menyebarluaskan podcast (mp3) untuk berbagai keperluan, tentunya bukan untuk dijual, serta berkontribusi menulis serial cerita.

Mereka juga memimpikan akan adanya komunitas yang menjalankan kegiatan mendidik melalui cerita dengan berbagai bentuk di berbagai kota dan kampung di Indonesia, komunitas ini berkembang dengan metode user generated content.

Saya sendiri memiliki seorang keponakan yang usianya masih dibawah 5 tahun, di sekolahnya dia sudah diperkenalkan dengan komputer, di rumah saya sering online mengunakan ponsel, jadi sudah dipastikan ia telah mengenal istilah internet, apalagi ponsel. Ada sedikit keraguan ketika saya ingin memberikan dia fasilitas komputer sendiri di rumah yang dilengkapi dengan internet, apakah saya bisa menyediakan akses atas konten yang bermanfaat buat keponakan saya itu?

Konsumsi televisi dari si anak sendiri sebenarnya cukup mengkhawatirkan, padahal mereka juga bukannya tidak suka jika dibacakan dongeng atau kisah secara verbal, Indonesia Bercerita bisa menjadi salah satu alternatif, penggunaan metode bercerita (audio) yang mengadopsi cara mendongeng dengan gambar bisa membuat anak berimajinasi dan menumbuhkan proses kreatif mereka.

Si orang tua juga bisa tetap mendampingi anak dalam mendengarkan jika mengakses lewat web, memberikan penjelasan jika anak tidak mengerti, dan tentunya bisa juga ikut belajar mendongeng, atau, seperti yang tercantum di kolom komentar situs Indonesia Bercerita, dengan mengunduh podcast, memutarnya dengan dengan perangkat bergerak, lalu bercerita menggunakan alat tambahan seperti boneka bisa membangun proses interaksi antara anak dan orang tua (sebagai pendongeng).

Kualitas yang ada di podcast Indonesia Bercerita juga cukup baik dan tampilan situs mereka juga cukup menyenangkan. Indonesia Bercerita saat ini dikelola oleh @bukik penggagas dan CTO, @rudicahyo: CCO, @Imammtq: PR, @zulsdesign: web designer, @maya_myworld: COO.

Saat ini mereka masih dalam tahap pengorganisasian komunitas, penggalangan dana berasal dari para penggagas dan donasi, mereka juga berencana akan mambangun partnership dengan pihak lain. Kegiatan juga masih banyak dilakukan di media sosial, namun nantinya akan dijalankan pula berbagai kegiatan offline. Kalau melihat dari akun Twitter mereka, Indonesia Bercerita juga berencana untuk memproduksi dan menyebarkan CD dari berbagai cerita yang ada.

Kegiatan yang sedang dijalankan saat ini selain terus melakukan sosialisasi Indonesia bercerita adalah program cerita anak '22 hari' serta kegiatan penulisan cerita anak dan pembuatan podcast cerita anak  FAYA. Anda yang tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang kegiatan mereka bisa followakun Twitter Indonesia Bercerita atau mengunjungi situs mereka dan akun Facebook Indonesia Bercerita.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again