1. Startup

Indonesia Cloud Forum Deklarasikan Asosisasi Komputasi Awan Indonesia

Kemarin, dalam sehari dua asosiasi yang terkait dengan industri teknologi informasi dideklarasikan di Indonesia. Selain Asosiasi E-commerce Indonesia yang dibentuk oleh berbagai perusahaan e-commerce di Indonesia, pada hari Kamis kemarin juga dideklarasikan pembentukan Asosiasi Forum Komputasi Awan Indonesia (AFKAI). AFKAI dideklarasikan oleh Indonesian Cloud Forum (ICF) di sela-sela acara pembukaan ICT Expo-Indocomm 2012.

Teguh Prasetya, penggagas ICF, seperti yang dikutip dari artikel IndoTelko, mengatakan bahwa ICF merasa perlu meningkatkan statusnya dari forum menjadi asosiasi. AFKAI nantinya diharapkan mampu menjadi salah satu pendorong digunakannya komputasi awan sebagai penggerak ekonomi nasional.

ICF sebenarnya telah dibentuk sejak 25 Mei 2011. ICF merupakan lembaga independen dan profesional yang berkomitmen untuk terus melakukan edukasi kepada masyarakat dan para pemangku kepentingan tentang pentingnya implementasi komputasi awan. ICF secara rutin menyelenggarakan kegiatan edukasi, seminar, diskusi, pameran, dan juga sertifikasi profesi. Kegiatan ini akan lebih diintensifkan pada tahun 2012 ini.

Dengan terbentuknya AFKAI, diharapkan ICF mampu lebih proaktif dan konstruktif dalam perannya sebagai mitra aktif industri, regulator, dan pengguna layanan komputasi awan.

Akhir tahun lalu, Amir memprediksikan bahwa komputasi awan baru akan mendapat kepercayaan konsumen pada 2013. Sejalan dengan analisis Amir tersebut, tampaknya pembentukan asosiasi komputasi awan ini merupakan salah satu langkah dari kalangan pengusaha komputasi awan untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan dunia bisnis.

Sumber Foto : Majalah Chip.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again