1. Startup

25 Startup Ramaikan Acara Indonesia - Korea Tech Startup Demo Day 2018

Didominasi layanan healthtech dan internet of things

Sesuai komitmen yang ingin diwujudkan oleh Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in untuk melahirkan 1000 startup hingga tahun 2020, kegiatan Indonesia - Korea Tech Startup Demo Day digelar di Jakarta. Acara inagurasi yang mendatangkan 15 startup asal Korea Selatan dan 10 startup Indonesia tersebut ditutup dengan pitching session di hadapan investor dan venture capital dari Korea Selatan, Indonesia, dan beberapa negara lainnya.

Dalam sambutannya Duta Besar Korea untuk Indonesia, KIM Chang Beom, mengungkapkan pemerintah Korea Selatan didukung oleh Bekraf, Kedutaan Besar Korea Selatan, Korea Trade Association (KITA), Korea Creative Contents Agency (KOCCA) memberikan kesempatan bagi startup asal Korea Selatan untuk mengembangkan bisnis di Indonesia.

"Startup Indonesia paling cepat pertumbuhannya di Asia Tenggara dengan fokus memberikan solusi kepada masyarakat. Hal penting yang juga wajib dilakukan adalah scale up, salah satunya dengan bermitra dengan berbagai partner, investor dari faktor pendukung lainnya."

Selama satu minggu, 25 startup tersebut juga telah mendapatkan mentoring dan memperluas jaringan dengan bertemu langsung investor dari Korea Selatan. Diharapkan dengan kegiatan ini, bisa menjembatani hubungan baik antara startup asal Korea Selatan dengan Indonesia.

Didominasi oleh startup IoT dan healthtech

Yang menarik dalam sesi pitching tersebut adalah banyaknya startup asal Korea Selatan yang menyediakan teknologi hingga software untuk IoT. Mulai dari gadget khusus untuk mendeteksi penyakit hingga aplikasi dan perangkat gaya hidup untuk kesehatan dan kecantikan.

Sektor healthtech juga banyak dihadirkan oleh startup asal Korea Selatan, sementara untuk startup asal Indonesia, masih didominasi oleh layanan fintech, gaya hidup, hingga agritech. Berikut adalah daftar startup yang hadir dalam kegiatan Indonesia - Korea Tech Startup Demo Day.

Korea Selatan:

Medi Whale (AI solution for screening eye & cardiovascular disease), PayPerse (big data platform for mobile payment service), Zeus Tech (linear motor 3D printer, drone, robot), Ad Design Co (aqua drain technology), Earback (wearable bone conduction device), Paintpam (screen paint manufacturing), Xcrisp (content development & distribution), Hope (character licensing business), MH Mind (mobile billing service), Davin (natural skin care), Wayner (OS Based on Chrome OS for PC), Tripeaks Games (online e-sport game developer), Softgear (super directional speaker for vehicles), Stylepill (cross border commerce community), Diamond Tools Solutions (safe cutting diamond tool).

Indonesia:

Qiwii (aplikasi manajemen antrian untuk industri), Ponja (marketplace peminjaman barang), Vaxcorp (digital health portal & vaccination provider), Bizshare (equity crowdfunding), Gudang Voucher (electronic voucher sebagai e-money), Svara (radio platform), Hellobly (marketplace untuk penjual dan personal shopper), MSMB Indonesia (agritech & protection), Manpro (SaaS project management platform), Ailesh power (biomass manufacturing).

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again