Categories

Berita

Indonesia Jadi Fokus Ekspansi Bisnis Quan di Asia Tenggara

Michael Erlangga - 22 October 2014

Startup pengembang aplikasi instant messenger asal Tokyo, Quan, secara resmi mengumumkan perolehan pendanaan seri A mereka pada hari Senin kemarin (20/10). Startup yang juga terkenal sebagai pembesut mobileapps dan sticker untuk berbagai aplikasi pesan instan tersebut memperoleh dana hingga jutaan dollar Amerika dan dikabarkan tengah mempersiapkan ekspansi ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Sejak pertama kali didirikan pada tahun 2011, Quan Inc memulai debut dengan meluncurkan aplikasi Lounge di platform iOS dan Android. Sebagai aplikasi pesan instan, Lounge meraih popularitas berkat fiturnya bertukar decorated text, pictograms, dan ilustrasi antar sesama penggunanya. Kehadirannya secara tidak langsung menjadi kompetitor bagi LINE Messenger milik Naver yang telah menjadi jawara sebelumnya.

Seiring waktu berjalan, perkembangan Quan semakin mengokohkan langkahnya sebagai pemain terbaik di industri ini. The Bridge memberitakan bagaimana Quan dengan myStickerShop mereka turut serta membantu perusahaan telekomunikasi raksasa asal Thailand, AIS, mendapatkan banyak pelanggan setelah perilisan layanan jaringan 3G di negara tersebut.

Sebelumnya, Quan juga sempat didanai oleh raksasa e-commerce asal Jepang Netprice, dan East Venture pada Agustus 2012 silam. Kini mereka diberitakan telah mendapatkan pendanaan dari Daiwa Corporate Investment, East Ventures, Dentsu Digital Holdings, IMJ Investment partners, Mitsui Sumitomo Insurance Venture Capital, dan Senshu Ikeda Capital.

Meskipun CEO Quan Kazuhiro Mizuno enggan berkomentar seputar rincian pendanaan, namun kabarnya dana yang mencapai angka jutaan dollar Amerika tersebut siap digelontorkan untuk ekspansi bisnis mereka yang lebih intensif di kawasan Asia Tenggara, terutama di Indonesia.

“Kami akan memanfaatkan dana ini untuk memperluas operasi inti perusahaan di negara seperti Indonesia dan Vietnam. Saat ini, kami memiliki kantor lokal di Thailand yang menjalani serangkaian binis dan kolaborasi dengan AIS serta perusahaan pengembang aplikasi di sana. Kami berhasrat untuk meningkatkan pengalaman kami dalam hal perilisan mobile game dan distribusi stiker,” ucap CEO Quan Kazuhiro Mizuno.

Menurut Quan, stiker hasil karya mereka telah diunduh hingga lebih dari seratus juta kali, karena stiker merupakan sarana yang menyenangkan dan mudah digunakan untuk menyampaikan ekspresi bagi para pengguna aplikasi pesan instan di perangkat mobile para penggunanya.

[Foto: Quan]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter