Tidak banyak situs atau layanan lokal yang memberikan kursus kepada penggunanya dengan materi berbasis video. Salah satu yang konsisten adalah IndonesiaX. Sejak tahun 2015 silam IndonesiaX telah memproduksi 26 kursus dengan beragam topik, dengan pengajar profesional hingga dosen kepada seluruh penggunanya penggunanya.

Capaian IndonesiaX terbilang cukup lumayan. Sejak pertama kali diluncurkan dan hingga April 2018 ini masyarakat yang belajar di IndonesiaX mencapai 154.792 orang dengan mereka yang lulus mencapai 12.833 orang. Angka pengguna tersebut tersebar di seluruh provinsi di Indonesia dengan konsentrasi tertinggi di wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Banten dan Jawa Tengah.

“Lebih dari 1.500 siswa mengakses kursus yang terdapat di platform IndonesiaX setiap harinya. Untuk mengimbangi antusiasme tersebut tentunya inovasi layanan menjadi kunci utama IndonesiaX serta beradaptasi dengan tren tekonologi konsumer,” terang CEO IndonesiaX Lucyanna Pandjaitan.

IndonesiaX masuk ke dalam kategori layanan edtech, atau layanan yang berusaha memudahkan atau memberikan akses pendidikan dengan menggunakan teknologi. Layanan ini telah menyediakan kursus yang berisi seri video yang bisa diikuti pengguna. Setiap materi atau bahasan pengguna diminta menjawab pertanyaan sebagai bahan evaluasi, dan di akhir pembelajaran akan ada tes yang menentukan pengguna lulus atau tidak.

Pihak IndonesiaX sendiri cukup optimis dengan tren “belajar online” di Indonesia. Dengan kualitas internet yang semakin baik dan kemudahan akses, bukan tidak mungkin layanan edtech akan menjadi tren  setelah layanan e-commerce dan beberapa layanan online lainnya.

“IndonesiaX melihat pangsa pasar education technology di Indonesia yang akan berkembang pesat. Pesatnya perkembangan teknologi dan minat pelajar akan teknologi terus bertumbuh memberikan peluang yang besar untuk bidang education technology. Di samping itu, online education adalah cara paling efektif untuk mencapai pembelajar hingga pelosok yang selama ini tidak mempunyai akses atas pendidikan berkualitas,” ujar Lucy.

Tahun ini IndonesiaX akan menambah kurang lebih 11 kursus. Lebih banyak dibanding penambahan tahun-tahun sebelumnya. Di tahun 2015 Indonesia X menambah 8 kursus, tahun 2016 9 kursus, dan tahun 2017 9 kursus. Angka penambahan kursus memang tidak banyak, karena pihak IndonesiaX ingin menjaga kualitas kursus yang mereka berikan.

IndonesiaX juga akan berusaha konsisten dalam usahanya mewujudkan demokrasi pendidikan.

“Usaha demokratisasi pendidikan adalah target IndonesiaX yang akan konsisten kami laksanakan di pasar yang masih belum ‘developed‘ ini. IndonesiaX juga akan terus menambah jumlah kursus dan bekerjasama dengan institusi dan perusahaan yang ada di Indonesia untuk menghadirkan kursus dengan kualitas terbaik untuk mengurangi disparitas pendidikan antar daerah untuk mencapai tujuan IndonesiaX yaitu ‘Enriching Lives Through Education’,” terang Lucy.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.