Categories

Berita

Indosat Dompetku Siap Layani Pemesanan Tiket Kereta Online Melalui KeretaKu

Michael Erlangga - 27 November 2014

shutterstock_127491602

Indosat secara resmi merilis layanan terbaru mereka demi memanjakan para pelanggan setianya untuk melakukan pemesanan tiket perjalanan kereta api. Layanan yang diberi nama KeretaKu ini menghilangkan beban biaya administrasi, selain biaya tiket itu sendiri, melalui pembayaran Indosat Dompetku.

Apa yang ditawarkan oleh KeretaKu mungkin bukan hal inovatif, namun bagaimana layanan ini menyasar segmen pasar tertentu cukup menarik untuk disimak. Pengguna Dompetku yang telah memiliki satu juta pengguna pada bulan Oktober lalu dimanfaatkan oleh Indosat demi meramaikan persaingan pasar aplikasi pemesanan tiket kereta api secara online. Saat ini pasar tersebut baik melalui situs yang dikelola oleh PT KAI atau pihak ketiga lainnya.

KeretaKu hanya menerima pembayaran melalui Indosat Dompetku. Setelah melewati proses registrasi yang mudah dan singkat, pengguna cukup login dan tentukan stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang untuk mencari pilihan kereta.

Perlu diberi catatan, pengguna harus mengisi data dengan tepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Notifikasi permintaan dari Dompetku (metode push USSD) akan diterima di ponsel pelanggan untuk memasukkan PIN Dompetku sesaat setelah mereka menyelesaikan registrasi dan pemesanan.

Sejatinya layanan KeretaKu merupakan hasil kolaborasi Indosat dengan PadiTrain. Sebagai salah satu inovator dari penyedia aplikasi pemesanan tiket kereta, PadiTrain besutan Padicon nyatanya juga merupakan buah kerja sama dengan PT KAI sebelum BUMN tersebut memiliki aplikasi mobile berbasis Android KAI Access. Tidak ingin tertinggal dari kompetitor lainnya, kolaborasi PadiTrain dengan Indosat kini diharapkan mampu mengakomodir banyaknya pengguna Indosat yang ingin memesan tiket kereta melalui aplikasi berbasis web, terlebih di musim liburan.

Yang mengherankan, meskipun Indosat adalah perusahaan telekomunikasi seluler dan PadiTrain juga membangun sistem berbasis aplikasi mobile, KeretaKu sendiri baru bisa diakses melalui desktop dan belum memiliki aplikasi mobile tersendiri. Tampilan KeretaKu juga belum teroptimasi jika diakses melalui mobile browser.

“KeretaKu merupakan apresiasi khusus kepada pelanggan Indosat Dompetku yang bekerjasama dengan PadiTrain. Dengan adanya website ini diharapkan memudahkan pelanggan Indosat dalam melakukan pemesanan tiket kereta api jarak jauh terutama untuk musim liburan. Keuntungan melakukan pembelian tiket kereta api melalui KeretaKu adalah bebas biaya administrasi. Jadi tidak ada biaya tambahan yang dibebankan ke pelanggan, selain biaya tiket itu sendiri,” ujar Group Head Mobile Financial Services Indosat Randy Pangalila dalam siaran persnya.

[ilustrasi: Shutterstock]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id