1. Startup

Indosat Dukung Pembelian di BlackBerry App World Melalui Billing Operator

Research in Motion dan Indosat mengumumkan kerjasama yang memudahkan pelanggan BlackBerry Indosat untuk membeli aplikasi, permainan ataupun themes di BlackBerry World melalui opsi billing operator. Dengan demikian, pengguna Indosat yang tidak memiliki kartu kredit ataupun akun PayPal dapat melakukan pembelian yang ditagihkan langsung ke pulsa ataupun billing bulanan. Opsi ini nantinya akan diatur melalui BlackBerry ID untuk identifikasi pengguna -- dan mengharuskan memasukkan kata sandi (password) setiap kali melakukan transaksi untuk menghindari terjadinya kejahatan.

Opsi ini merupakan yang pertama kali diterapkan oleh operator partner BlackBerry di Indonesia. Layanan yang serupa juga sudah diterapkan oleh Nokia dengan Telkomsel untuk mendorong kemudahan pengguna membeli di Ovi Store. Apple dengan App Store masih memonopoli pembelian aplikasi dan permainan untuk platform iOS, sedangkan Android dan Windows Phone masih belum membuka layanan aplikasi berbayarnya di Indonesia.

Dengan semakin pentingnya peranan toko aplikasi dan konten bagi smartphone, salah satu cara operator untuk memonetisasinya adalah opsi billing operator seperti ini. Jika toko aplikasi dimonopoli oleh vendor, pangsa pasar yang demikian besar seperti sekarang bisa membuat operator gigit jari dan hanya bergantung pada penawaran paket data bagi pelanggannya.

BlackBerry App World berdasarkan data di bulan Juli 2011 telah tersedia di lebih dari 100 negara dengan rata-rata pengunduhan 3 juta aplikasi per hari dan secara total telah melewati milestone 1 miliar unduhan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again