9 December 2014

by DailySocial

Indosat Implementasikan Carrier Billing di Google Play

Bukan Telkomsel atau XL Axiata yang menjadi operator seluler pertama yang mengimplementasikan carrier billing untuk Google Play di Indonesia. Indosat mengumumkan pihaknya secara bertahap mulai hari ini hingga lima hari ke depan membuka fasilitas carrier billing untuk semua konsumen yang menggunakan Android. Fungsi ini berlaku bagi semua konsumen prabayar (Mentari dan IM3) dan pascabayar (Matrix).

Fungsi carrier billing di Google Play memungkinkan pembelian konten ditagihkan ke tagihan bulanan pelanggan pascabayar atau potong pulsa langsung untuk pengguna prabayar. Hal ini memudahkan konsumen yang tidak memiliki kartu kredit untuk bisa membeli konten-konten yang diinginkan dengan mudah. Setelah login di Google Account, pelanggan Indosat bisa masuk ke menu “Payment Option” dan memilih “Enable Indosat Billing” untuk mengaktifkan metode pembayaran carrier billing.

Yang patut ditekankan di sini, pembayaran melalui carrier billing berkonsekuensi pengenaan pajak 10% (Koreksi: dari Indosat pajaknya 12%) dari nilai yang tertera di Google Play. Misalnya suatu aplikasi berharga Rp 10 ribu, makanya yang dibayarkan oleh konsumen yang menggunakan metode carrier billing adalah Rp 11 ribu.

Konsep carrier billing di Google Play sudah digadang-gadang sejak dua tahun yang lalu, seiring dengan popularitas Android di Indonesia yang terus meroket. Sayangnya belum ada yang berhasil menggandeng Google untuk benar-benar mengimplementasikannya, sebelum akhirnya Indosat membuka jalan ini.

Penetrasi kartu kredit, yang menurut Data Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) hanya 16 juta buah atau 6% populasi, membuat para pelaku bisnis memutar otak untuk memudahkan konsumen membelanjakan pulsanya. Penetrasi ponsel yang mencapai 112% dari total populasi memudahkan argumen bahwa metode carrier billing cocok digunakan di Google Play untuk konsumen Indonesia.

President Director and CEO Indosat Alexander Rusli dalam rilis persnya mengatakan “Layanan Carrier Billing Indosat dengan Google Play™ Store ini merupakan yang pertama di Indonesia, sehingga kami berharap layanan ini dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan untuk melakukan pembelian aplikasi, content, game dan buku melalui telepon seluler mereka tanpa perlu menggunakan kartu kredit atau kartu debit.”

“Hadirnya layanan ini juga sebagai wujud komitmen Indosat bagi masyarakat Indonesia bahwa Indosat selalu menciptakan layanan terbaru dan inovatif serta selalu terdepan di banding kompetitornya. Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya Indosat untuk menjadi Operator Telekomunikasi Pilihan bagi para pengguna smartphone,” lanjutnya.


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Amir Karimuddin.