Categories

Berita

Indosat Ooredoo Hadirkan Aplikasi Taksi Online untuk Kosti Semarang

Aplikasi ini sudah dipakai 315 armada taksi Kosti Semarang untuk menerima pesanan

Marsya Nabila - 23 December 2016

Kehadiran bisnis transportasi berbasis online telah mengubah kompetisi di lapangan, operator pun dituntut untuk mampu bersaing dengan memberikan layanan yang terbaik ke pelanggannya. Koperasi Sopir Taksi (Kosti) Semarang telah lama beroperasi jauh sebelum era digital tiba, kini harus memikirkan cara untuk terus meningkatkan pendapatannya.

Untuk mendukung hal tersebut, Indosat Ooredoo Business dan Kosti Semarang meluncurkan aplikasi Kosti Online. Aplikasi ini baru tersedia untuk pengguna Android. Proses bisnisnya hampir sama dengan aplikasi transportasi online lainnya.

Pelanggan dapat memesan taksi Kosti secara online dengan menentukan lokasi penjemputan lewat fitur Google Maps. Kemudian, pelanggan akan menerima informasi nama pengemudi, status penjemputan, sampai dengan pengemudi tiba di lokasi penjemputan, dan mengetahui berapa lama pengemudi tiba.

Dalam rangka mendukung pengoperasian aplikasi ini, Indosat Ooredoo menyediakan paket PRO Freedom Bundling berupa bundling smartphone dengan paket CUG (Closed-User-Group) dan paket internet.

Paket bundling ini dihadirkan khusus untuk pengemudi taksi Kosti Semarang. Harapannya, komunikasi dan koordinasi antar pengemudi taksi dapat berjalan lancar tanpa khawatir tagihan melonjak.

Selain itu, kuota internet berlaku selama 24 jam untuk mengakses informasi dan aplikasi juga didukung oleh jaringan 4G.

Division Head Key Account Regional Indosat Ooredoo Rizkant mengatakan perusahaan ingin menjadi mitra bagi para pelaku usaha yang ingin mengimplementasikan teknologi atau ICT demi mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

"Aplikasi ini jadi salah satu cara kami menghadirkan dunia digital kepada semua orang, sejalan dengan visi baru perusahaan kami," ucapnya dalam keterangan resmi yang diterima DailySocial, Kamis (22/12).

Ketua Pengurus Kosti Semarang Marsetyo Utomo menambahkan, aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing moda transportasi konvensional supaya tidak ketinggalan dengan transportasi berbasis online yang sudah ada.

"Kemudahan dan transparansi dapat diperoleh dengan aplikasi Kosti Online. Pelanggan dapat mengetahui status penjemputan, identitas pengemudi, hingga berapa lama pengemudi tiba di lokasi penjemputan," kata Marsetyo.

Bisa dikatakan, dengan hadirnya Kosti Online otomatis telah "menyelamatkan" nyawa pengemudi taksi Kosti Semarang, setelah sebelumnya dikepung oleh pengemudi transportasi online dari Go-Car dan Go-Ride dari Go-Jek. Kosti Semarang sendiri termasuk salah satu pemain lama, resmi berdiri sejak 1996 silam.

Pekerjaan rumah Kosti Semarang dan Indosat Ooredoo berikutnya adalah mengakomodir sistem pembayarannya untuk mengarah ke cashless. Di Semarang sendiri Blue Bird sudah mengakomodasi pembayaran taksi menggunakan kartu kredit jika dipesan menggunakan aplikasi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter