1. Startup

Menyasar Kawasan Pedesaan, Indosat Ooredoo dan Facebook Luncurkan Kampanye "Internet 1O1"

Menyediakan akses internet dan kurikulum dan pelatihan penggunaan internet untuk masyarakat

Bertujuan memperluas literasi digital di pedesaan, Facebook menggandeng Indosat ooredoo menghadirkan “Internet 1O1”, sebuah kampanye nasional untuk meningkatkan adopsi mobile internet di Indonesia. Melalui kampanye ini Indosat akan menyediakan infrastruktur konektivitas internet memanfaatkan ekosistem yang terdapat di Indosat, sementara Facebook akan menyediakan kurikulum dan pelatihan tentang penggunaan internet.

“Internet memiliki kekuatan untuk menyalurkan suara publik dan membantu mereka menemukan dan membagikan pengetahuan, memperkuat ekonomi, dan mengembangkan komunitas. Membantu masyarakat mendapatkan hasil yang maksimal dari sumber daya yang kuat lebih dari sekedar konektivitas fisik, kami bangga bekerja sama dengan Facebook di Indonesia untuk meningkatkan kesadaran diantara pengguna internet pemula tentang peluang yang ditawarkan oleh internet. Kampanye nasional ini kan membantu memperkuat upaya inklusi digital dan mendorong orang-orang untuk menggunakan internet secara bertanggung jawab dan aman,” ujar President Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al Neama.

Masih besarnya kesenjangan digital antara penduduk di kota besar dan pedesaan menjadi salah satu alasan mengapa kegiatan ini dilancarkan. Indosat Ooredoo mencatat, sekitar 45% masyarakat tinggal di area pedesaan. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara berkembang lain di Asia Pasifik dan kondisi Indonesia sebagai negara kepulauan dapat membuat biaya pembangunan infrastruktur menjadi tinggi. Riset GSMA juga menunjukkan bahwa 97% populasi di Indonesia yang tidak memiliki ponsel tinggal di area pedesaan.

Di sisi lain, fasilitas yang disediakan oleh Indosat Ooredoo dan Facebook diharapkan bisa memberikan edukasi yang akurat untuk masyarakat di pedesaan agar bisa lebih bijaksana mengonsumsi informasi yang tersedia secara online. Nantinya kampanye Internet 1O1 akan menjangkau jutaan konsumen Indosat Ooredoo dalam setahun ke depan hingga 15 Oktober 2020 di seluruh Indonesia.

More Coverage:

“Facebook selalu menantikan untuk dapat bekerja sama dengan mitra lokal guna mencapai inklusi internet, dan pada saat yang sama, menjaga komunitas yang aman dan memiliki informasi yang memadai agar dapat terhubung serta berbagi di ranah online. Kami senang dapat bekerja sama dengan Indosat dalam kampanye ini untuk memanfaatkan keahlian kami, sehingga kami dapat membawa lebih banyak masyarakat Indonesia ke ranah online, serta memberdayakan mereka dengan pengetahuan yang mumpuni agar tetap aman saat menggunakan teknologi dan platform digital,” kata VP Global Mobile Partnership Facebook Francisco Varela.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again