Categories

Berita

Indosat dan Parade Nusantara Sediakan Akses Internet Gratis di Pedesaan

Menggunakan infrastruktur Internet.org, bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat desa memperoleh informasi gratis

Prayogo Ryza - 1 October 2015

Indosat sebagai satu-satunya operator telekomunikasi Indonesia yang mendukung program Internet.org, yang sekarang sudah berganti nama menjadi Free Basics, berusaha untuk terus mengoptimalkan penggunaan layanan ini. Indosat kemarin menandatangani MoU dengan Parade Nusantara (Persatuan Rakyat Desa Nusantara) untuk menyediakan akses Internet melalui layanan Internet.org bagi masyarakat pedesaan di seluruh penjuru Indonesia. Diharapkan kesepakatan ini mampu menjembatani masyarakat pedesaan untuk mendapatkan memanfaatkan layanan yang bisa diakses secara gratis.

Penandatanganan kesepakatan ini dilakukan langsung oleh Presiden Direktur Indosat Alexander (Alex) Rusli dan Ketua Parade Nusantara Sudir Santoso SH, MH. Parade Nusantara sendiri merupakan sebuah organisasi kemasyarakatan yang mayoritas dan pengurusnya adalah masyarakat pedesaan dengan pilar penyangga dari aparatur pemerintahan, yakni kepala desa, perangkat desa, mantan kepala desa, mantan perangkat desa, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Dengan kerja sama ini, kedua belah pihak berharap bisa memberikan kemudahan akses Internet, melalui layanan Internet.org, bagi masyarakat pedesaan di seluruh penjuru nusantara. Nantinya masyarakat desa bisa melakukan dan mendapatkan berbagai macam kegiatan dan informasi, seperti kesehatan, pendidikan, media sosial untuk komunikasi, jual beli online, dan berita dari media-media yang ada.

Dalam keterangan persnya, Indosat juga mengungkapkan bahwa kerja sama ini juga bertujuan untuk menjalin koneksi secara digital antar Kepala Desa yang tergabung dalam Parade Nusantara sehingga dapat memudahkan kordinasi, bertukar informasi, dan lain sebagainya.

”Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Parade Nusantara untuk memberikan kemudahan akses Internet dan layanan digital bagi para Kepala Desa dan masyarakat desa, sebagai bagian dari komitmen kami agar masyarakat desa dapat turut menikmati manfaat dari ICT guna meningkatkan kualitas hidup mereka. Berbagai informasi yang dapat diakses melalui layanan Internet.org kami harapkan dapat mendorong masyarakat desa mendapatkan askes yang lebih luas, menggali berbagai potensi mereka, termasuk potensi sosial dan ekonomi, yang pada akhirnya dapat memunculkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan mereka secara lebih luas,” papar Alex.

Sementara itu, Sudir berhadap kerja sama ini dapat membukakan jendela dunia bagi warga Parade Nusantara yang belum tentu akrab dengan teknologi Internet.

“Layanan Internet.org ini kami harapkan akan membuka jendela dunia bagi warga kami yang tentunya belum semuanya melek dengan teknologi Internet. Kami berharap kerja sama ini akan menjadi bagian dari upaya kami untuk terus berjuang meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan,” jelas Sudir.

Program Internet.org dan Indosat menyediakan akses gratis untuk beberapa situs dan layanan, baik lokal maupun global, seperti Facebook, OLX, Tokopedia, Kelase Merdeka, Kapanlagi, Wikipedia dan masih banyak lagi.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter