Categories

Berita

Induk Perusahaan Rumah123 Resmi Diakuisisi Secara Penuh oleh Real Estate Australia Group

Pasca akuisisi, Rumah123 lebih agresif menyambut tahun 2016

Adjie Priambada - 19 February 2016

Kemarin (18/2) Real Estate Australia (REA) Group, perusahaan media digital multinasional yang bergerak di bidang properti, mengumumkan secara resmi telah selesai mengakuisisi iProperty Group. iProperty Group adalah pemilik dari salah satu portal jaringan properti terkemuka di Asia, yaitu Rumah123. Akuisisi oleh REA ini resmi terjadi pada bulan November 2015 dengan total saham yang dibeli setara dengan AUD 578 juta, atau sekitar Rp 5,5 triliun.

Sebelum mengakuisisi secara penuh, REA telah mengakuisisi 17,22 persen saham iProperty pada tahun 2014. Setelah itu di bulan Juli 2015 REA meningkatkan kepemilikan saham menjadi 22,7 persen. Ini berujung pada pembelian sisa saham dengan harga empat dollar Amerika Serikat per lembar pada bulan November 2015.

Total saham yang dibeli setara dengan 578 juta dollar Australia, atau sekitar Rp 5,5 triliun. Keseluruhan nilai saham iProperty Group sendiri berada di kisaran 750,8 juta dollar Australia. Lewat akuisisi ini juga REA Group ingin mengukuhkan diri sebagai pemimpin pasar industri properti online di wilayah Asia Pasifik.

COO International and Developer REA Group Limited Arthur Charlaftis mengatakan, "Langkah ini merupakan game-changer untuk industri kami dan merupakan refleksi dari visi yang dimiliki oleh REA Group. Ekspansi internasional menjadi bagian besar dari strategi pertumbuhan REA Group. Dengan populasi lebih dari 500 juta orang, Asia Tenggara adalah pasar properti yang memiliki pertumbuhan tercepat di dunia dengan kaum menengah yang tumbuh cepat dan memiliki ketertarikan memasuki pasar properti.”

Sementara itu CEO iProperty Group Georg Chmiel mengatakan, “Ini adalah akselerator utama [bagi kami] karena secara signifikan akan meningkatkan profil pertumbuhan kedua perusahaan. Di sisi lain akuisisi ini memberikan konsumen, […] para pembeli properti, dan investor kesempatan untuk memasuki pasar yang lebih luas.”

Georg juga menekankan bahwa iProperty Group akan tetap menjadi iProperty Group meski telah diakuisisi dan akan tetap menjalankan bisnis serta operasional seperti biasanya.

Saat ini iProperty sendiri telah beroperasi di enam negara Asia sebagai portal properti online. Keenam negara yang dimaksud adalah Hong Kong, Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Rumah123 dan operasionalnya di Indonesia setelah akuisisi induk perusahaan

Setelah lama tak terdengar kabaranya, nama Rumah123 kini kembali bersamaan dengan berita akuisisi iProperty yang merupakan induk perusahaannya. Melalui akuisisi ini ada beberapa hal baru yang diadopsi Rumah123 dalam menyambut tahun 2016. Mulai dari tampilan antarmuka yang baru hingga kerja sama strategis.

Berdasarkan keterangan yang kami terima, pihak Rumah 123 telah merilis tampilan terbaru untukhomepage mereka yang lebih clean dan responsive. Langkah ini diambil untuk memudahkan pengunjung dalam mencari kebutuhan properti mereka dan juga demi memperkuat brand awareness dari Rumah123.

Poin berikutnya yaitu mengenai fitur-fitur baru. Awal tahun ini Rumah123 menyebutkan telah meluncurkan dua fitur baru, yaitu editorial dan Global Search. Fitur Global Search adalah mesin pencari terbaru Rumah123 dengan konsep auto detect yang diklaim dapat memudahkan pengunjung dengan memberikan lebih banyak pilihan pencarian Rumah, Apartemen, Ruko, Tanah, dan Komersial.

Satu hal yang menarik dari sisi teknologi adalah peluncuran iProperti IQ yang berbasis teknologi Big Data. Nantinya, seluruh data seluruh data yang dimiliki oleh Rumah123.com akan diolah kembali oleh divisi business intelligence untuk menjadi rangkaian data yang komprehensif. Bahkan dalam pemberitaan Okezone, Rumah123 disebutkan berambisi untuk jadi Google-nya Indonesia di bidang properti dengan memberdayakan iProperti IQ.

Data olahan dari iProperti IQ nantinya bisa berupa karakter, tren, dan analisis konsumen yang berguna bagi pengguna Rumah123.com maupun rekan agen properti, pengembang, penyedia jasa KPR dan produk terkait dengan properti untuk bantu mengambil keputusan dalam memasuki pasar yang paling tepat untuk produk mereka.

Di sisi offline, Rumah123 juga akan menerbitkan majalah Rumah123 yang disiapkan sebagai majalah tahunan. Majalah ini diharapkan dapat menjadi panduan pembaca untuk memilih properti yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Terakhir, Rumah123.com juga telah meresmikan kerja sama eksklusif dengan Qlue yang telah berperan aktif dalam mendukung program smart city yang diusung Pemprov DKI. Lewat kerja sama ini Rumah123 diharapkan dapat menyiapkan dan mengintegrasikan berbagai data terkait properti yang dapat digunakan oleh masyarakat.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter