11 February 2014

by wiku

[InfoDigi] Pengguna Instagram Indonesia: Suka #latepost dan Selfie

Layanan berbagi foto Instagram, termasuk salah satu saluran media sosial yang populer di Indonesia. Penggunaannya pun kian tersebar. Dari awalnya hanya bisa dinikmati pengguna ponsel iPhone, Instagram kian meluas pemakaiannya setelah aplikasi itu tersedia untuk ponsel Android sekitar 2012.

Belakangan, soal Instagram kian akrab termuat pada pemberitaan media massa. Salah satu isu yang kerap menyeret layanan ini adalah reaksi pengguna media sosial terhadap akun aniyudhoyono milik Ani Yudhoyono, istri Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Hal lain yang bisa jadi catatan terkait popularitas Instagram adalah perilaku pengguna berbagi foto di layanan ini. Terpantau, setidaknya ada lebih dari 670 ribu foto diunggah pengguna Instagram Indonesia selama periode Kamis (23/1) hingga Selasa (4/2); artinya, rata-rata ada 51.500 foto termuat setiap harinya.

Kebanyakan foto yang ditampilkan tersemat tagar (hashtag) yang memang lazim dipakai untuk memberi kategori khusus pada foto yang ditampilkan. Terkait hal ini, Boomee menemukan 10 tagar terpopuler yang dipakai pengguna Instagram di Indonesia selama periode penjaringan data:

Pada daftar di atas, tampak #latepost, #me, dan #likeforlike menjadi tiga tagar paling sering digunakan.

Penyematan #latepost menunjukkan bahwa pengguna di Indonesia banyak yang tidak menggunggah foto secara langsung (misalnya, menunggu hari berikut atau beberapa hari setelahnya) untuk menampilkan foto di Instagram.

Selain itu juga, "pemain" Intagram di negeri ini doyan menampilkan foto atau aksi diri, dengan munculnya tagar #me sebagai salah satu yang paling populer. Ada pula #selfie di posisi terpopuler keenam.

Lalu, kemunculan #likeforlike (juga #instalike dan #like) yang lazim dipakai pengguna sebagai ajakan untuk Followers memberi tanda Like pada foto unggahannya, menunjukkan perilaku mengharapkan respon positif pada konten yang ditampilkannya di Instagram.

Hal menarik juga, di antara 10 tagar populer ini, ada #bali yang merupakan satu-satunya lokasi di Indonesia yang masuk daftar ini. Mungkin, provinsi ini punya daya tarik khusus yang membuat pengguna Instagram tak lupa menyematkan tagar #bali setiap mengambil foto di Pulau Dewata.

Kesimpulan dari temuan ini; Instagram tidak dipakai pengguna Indonesia sebagai layanan berbagi instan. Ada jeda waktu yang diambil sebelum akhirnya menampilkan foto, jika melihat populernya #latepost.

Lalu, mencuatnya tagar-tagar seperti #me, #selfie, #likeforlike, hingga #instalike menunjukkan kesukaan pengguna Instagram di Indonesia menampilkan foto diri dan mengharapkan respon positif dari pengguna lain.

Anda yang ingin melihat dan membaca contoh serta penjelasan tiga tagar terpopuler yang dipakai pengguna Instagram Indonesia (juga penggunaan #bali yang menunjukkan potensi alam dan kuliner salah satu destinasi wisata terbaik negeri ini) bisa menuju tautan ini.


Kolom InfoDigi ini hadir atas kerja sama antara situs Boomee.co dan Trenologi.com. Untuk kali ini, artikel ditulis oleh Syarief Hidayatullah dengan sedikit penambahan artikel tanpa mengubah inti tulisan. Kolom ini akan membahas hal seputar media sosial, internet, ranah mobile dan berbagai kejadian menarik yang terjadi di dunia digital. Nantikan kolom InfoDigi lainnya di TRL.