20 December 2013

by wiku

[InfoDigi] WhatsApp Populer, Tetapi BBM Paling Banyak Diperbincangkan

Layanan bertukar pesan instan WhatsApp tercatat sebagai yang paling populer di Indonesia. Hal itu tampak dalam laporan lembaga riset pemasaran OnDevice, yang juga sempat termuat di Forbes, Selasa (26/11).

Secara umum temuan OnDevice menunjukkan bahwa penggunaan layanan bertukar pesan kini didominasi aplikasi instant messaging, seperti WhatsApp, BlackBerry Messenger (BBM), atau Line. Baru kemudian disusul SMS (short message service),voice call, lalu e-mail.

 

Dari berbagai aplikasi instant messaging yang tersedia di Indonesia, WhatsApp jadi yang terpopuler diikuti BBM, lalu Line. Tapi, banyak digunakan belum tentu ramai diperbincangkan.

Menurut penelusuran selama sepekan sejak Jumat (8/12) hingga Kamis (14/12); BBM lah yang mendominasi di percakapan di linimasa Twitter dengan total buzz mencapai lebih dari 80 ribu kicauan.

Di posisi dua, Line justru duduk manis dengan lebih dari 38 ribu tweets; lalu sekitar 15 ribu untuk WhatsApp, yang berbeda tipis dengan aplikasi asal China, WeChat.

 

BBM mendominasi, dari jual beli online sampai urusan hati.

Tak hanya paling banyak disebut di Twitter, BBM juga diperbincangkan secara merata di beberapa topik. Berikut tiga topik percakapan terpopuler terkait BBM:

1. Jual beli online:

Untuk urusan ini, tiga akun yang terpantau paling aktif memuat layanan BBM di dalam kicauannya adalah akun yang diyakini menggeluti bisnis di dunia maya, yaitu: (1) @melzbeautyshop, (2) @bisnisoptimal, (3) @rizajerseymedan.

 

 

2. Tentang cinta:

 

 

 

 

3. Informasi penggunaan: 

 

 

 

 

Lalu, apa yang muncul di linimasa Twitter tentang Line, WhatsApp, juga WeChat dan KakaoTalk?

Percakapan tentang Line mencuat karena banyak digunakan oleh remaja. Percakapan yang juga cukup dominan adalah tentang permainan yang terintegrasi dengan layanan tersebut bernama Pokopang.

 

Ditambah, dalam periode penjaringan sedang ada kontes permainan Pokopang yang digelar resmi oleh Line:

Sementara soal WhatsApp paling banyak terkait jual beli online; selebihnya tentang pengalaman berkomunikasi dengan layanan ini:

 

Tentang WeChat, performanya dalam percakapan di Twitter terbantu kerjasama dengan program Dahsyat di RCTI. Buzz tentang WeChat didominasi oleh interaksi pengguna terkait acara musik tersebut:

 

 

Lalu soal KakaoTalk, meski percakapan akibat beragam program promosi (dengan Chatime, Bakerzin, 711, Baskin Robbins, McDonald’s, hingga Blitz Megaplex) cukup banyak, tapi paling ramai justru komentar tentang stiker yang tersedia di layanan ini:

 

 

---

Kolom InfoDigi ini hadir atas kerja sama antara situs Boomee.co dan Trenologi.com. Kolom ini akan membahas hal seputar media sosial, internet, ranah mobile dan berbagai kejadian menarik yang terjadi di dunia digital. Nantikan kolom InfoDigi lainnya di TRL.