16 April 2013

by Iqbal Farabi

Infografis Evolusi Lima Tahun Sistem Operasi Android

Menyambut perhelatan Google I/O yang akan digelar tepat sebulan lagi, spekulasi mengenai versi terbaru sistem operasi Android semakin banyak beredar. Namun, sebelum membahas mengenai kemungkinan fitur-fitur baru apa saja yang akan hadir di Android Key Lime Pie, blog teknologi Techno Buffalo baru-baru ini meluncurkan sebuah infografis yang berisi perkembangan Android sejak pertama kali rilisnya ke publik lima tahun lalu.

Pada infografis ini dapat dilihat perkembangan fitur-fitur Android sejak 2008 hingga prediksi fitur-fitur Android Key Lime Pie yang akan dirilis tahun ini nanti. Pada infografis, penambahan penting fitur Android diberi highlight dengan warna latar ungu. Misalnya saja pada edisi Android 1.5 (dengan kode nama Cupcake), pertama kalinya Android mendukung widget. Atau pada versi 1.6 (Donut), pertama kalinya terdapat fungsi Quick Search Box.

Beberapa penambahan yang cukup impresif dalam pandangan saya diantaranya adalah penamabahan dukungan teknologi NFC pada versi Android Gingerbread, dukungan terhadap multitasking pada Ice Cream Sandwich, serta fitur Google Now pada Android Jelly Bean.

Seperti apa evolusi sistem operasi Android selama lima tahun ini? Simak selengkapnya di Infografis berikut.

 

Sumber: Techno Buffalo.