11 November 2013

by Yoga Wisesa

Infografis Spesifikasi PlayStation 4 dan Xbox One dari IGN

Pertanyaan terbesar di bulan November adalah: console game baru apa yang akan Anda beli? Sony PlayStation 4 akan segera dirilis hari Jumat ini tanggal 15 November dan Microsoft Xbox One akan menyusul satu minggu kemudian tepatnya tanggal 22 November. Untuk lebih mengerti apa saja hardware, fitur dan pernak-pernik yang dimiliki tiap console, IGN mengeluarkan sebuah infografis menarik.

Silakan nikmati di bawah ini:

Dari penampilan sendiri, PlayStation 4 dirancang lebih ramping (dan menurut opini pribadi saya: lebih menarik) dengan dimensi yang lebih kecil namun sedikit lebih lebar. Untuk Xbox One sendiri, ia juga dilengkapi power brick eksternal - membuatnya terlihat lebih berbobot. Untuk fungsi motion sensor sendiri, Xbox One telah dibundel dengan Kinect 2.0 dimana Sony PlayStation Camera dijual secara terpisah seharga US$ 50.

Kita lihat lebih dalam. Keduanya memiliki kapasitas hard disk sebesar 500GB, namun kemampuan hardware PlayStation 4 sedikit lebih baik dibandingkan Xbox One walaupun mereka memiliki jumlah memori RAM yang sama: 8GB. Keuntungan dari memiliki Xbox One adalah Anda bisa menambahkan penyimpanan eksternal via port USB.

Satu hal yang cukup menarik adalah data di infografis ini. Dari laman Wikipedia, info menyebutkan bahwa Xbox One dipersenjatai CPU custom Jaguar delapan-core buatan AMD berkecepatan 1,75 GHz. Namun infografis IGN malah menyebutkan 'CPU custom 8-core dari Microsoft'.

Satu hal yang tidak disebutkan IGN adalah kemampuan kartu grafis. Saya telah menuliskan beberapa kali bahwa Xbox One memiliki kekuatan GPU yang setara dengan Radeon HD 7790 sedangkan PlayStation 4 memiliki GPU antara Radeon HD 7850 dan HD 7870. PlayStation 4 memang sedikit lebih kuat, namun keduanya lebih dari cukup menjalankan game-game next-gen.

Sayangnya kedua console baru ini tidak memiliki fitur backwards compatibility, sehingga Anda sama-sama tidak bisa menikmati Uncharted 3 maupun Halo 3 ODST hingga baik Sony dan Microsoft melakukan port agar mereka dirilis di PS4 dan Xbox One. Kini Anda hanya tinggal memilih...

Gambar header: Independen.co.uk.