24 April 2013

by Iqbal Farabi

Informasi Harga dan Tanggal Ketersediaan BlackBerry Q10 di Amerika Utara

Setelah sekian banyak rumor mengenai harga dan tanggal ketersediaan BlackBerry Q10, kini akhirnya sudah terdapat informasi resmi mengenai perangkat ini. Dalam rilis pers yang dilansir oleh Engadget, tiga operator seluler asal Kanada telah mengumumkan bahwa BlackBerry Q10 akan tersedia mulai tanggal 1 Mei nanti.

Selain itu ketiga operator seluler tersebut (Rogers Wireless, Bell Mobility dan Telus) juga mengungkapkan harga resmi BlackBerry Q10. Rencananya, Q10 akan dibanderol dengan harga $199 dengan skema kontrak selama tiga tahun.

Sementara untuk pasar Amerika Serikat, situs Blommberg mengabarkan bahwa menurut sumber mereka, BlackBerry Q10 akan tersedia di Amerika Serikat pada akhir Mei. Masih menurut sumber tersebut, Q10 di Amerika Serikat akan dibanderol dengan harga $250 dengan skema kontrak selama dua tahun.

Jika informasi dari Bloomberg tadi benar, maka Q10 di Amerika Serikat akan lebih mahal dari iPhone 5, Galaxy S4, HTC One dan 'saudara' Q10 sendiri, Z10. Keempat ponsel ini di AS dijual dengan harga $199, juga dengan skema kontrak dua tahun.

Melihat strategi pricing ini, nampaknya BlackBerry memproyeksikan tidak banyak konsumen yang masih menginginkan keyboard fisik di ponsel pintarnya sehingga Q10 akan diposisikan sebagai 'barang mewah'. Saya sendiri berpandangan dengan jenuhnya pasar ponsel pintar yang full touch screen, barangkali perangkat dengan keyboard fisik bisa menjadi diferensiasi yang menarik. Seharusnya strategi pricing yang diterapkan justru dengan harga yang lebih rendah agar sesuai dengan pasar BlackBerry yang masih kuat di negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Saya rasa akan menarik untuk disimak bagaimana keberterimaan Q10 di pasaran nantinya.

 

Sumber: Engadget, Bloomberg. [gambar via]