8 July 2014

by Yoga Wisesa

Ingin Lebih Memahami Virtual Reality? Oculus Segera Adakan Konferensi Oculus Connect

Istilah virtual reality pertama kali dipopulerkan oleh perusahaan VPL Research pimpinan Jaron Lanier di tahun 1980-an, namun headset VR sendiri sudah pernah dibuat sejak tahun 1968. Menariknya, butuh 40 tahun lebih hingga ide revolusioner ini bisa sampai ke tangan kita. Tapi bahkan dengan waktu selama itu, dunia VR masih menjadi misteri.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Oculus - perusahaan modern yang mengkhususkan diri dalam merancang serta mengembangkan headset virtual reality konsumen - akan mengadakan sebuah konferensi bernama Oculus Connect. Target dari konferensi ini adalah untuk merangkul developer, teknisi ahli, desainer, dan para talenta kreatif di seluruh dunia agar saling berbagi dan berkolaborasi dalam menciptakan pengalaman virtual reality terbaik.

Oculus Connect akan diadakan pada tanggal 19 dan 20 September di Loews Hollywood Hotel, di kota Los Angeles. Walaupun dikhususkan pada khalayak industri teknologi, hiburan dan developer, konferensi tersebut juga terbuka untuk umum. Jumlah kursi yang Oculus sediakan memang terbatas, tapi semua orang bisa mengakses presentasi dari para individu ahli di bidang VR secara langsung via live streaming.

 

Info menarik: Setelah Diakuisisi Facebook, Kini Giliran Oculus Akuisisi Tim Desainer Controller Xbox 360

 

Siapa saja yang akan menjadi nara sumbernya? Mereka adalah CEO Oculus Brendan Iribe, sang founder Palmer Luckey, Michael Abrash selaku Chief Scientist, dan John Carmack - legenda di dunia gaming, salah satu pencipta genre permainan FPS, dan juga Chief Technical Officer Oculus Rift. Mereka akan membahas virtual reality secara menyeluruh, dan seperti apa masa depan medium tersebut.

Peserta akan diajak mempelajari teknologi baru Oculus yang segera mereka hadirkan, dengan sesi demo dan workshop, dipandu oleh para teknisi dan pionir di bidang VR. Para developer juga akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan masukan dan bantuan langsung dari tim lab Oculus.

"Dalam waktu dua tahun, kami telah menyaksikan bahwa konten virtual reality berkembang jauh lebih pesat dibandingkan dari 20 tahun terakhir, dan hal tersebut merupakan hasil langsung dari kerja keras komunitasnya," ungkap tim Oculus. "Dengan virtual reality yang berada dalam momentum terbaiknya, ajang ini memberikan momen unik bagi komunitas developer untuk membawa pengembangan VR ke level selanjutnya."

 

Info menarik: Facebook Ingin Device VR Oculus Rift Bisa Dijual Dengan Harga Semurah-murahnya

 

Jika Anda memimpin (atau menjadi bagian dari) tim developer dan sangat tertarik untuk mengikuti Oculus Connect, jangan ragu-ragu untuk mendaftarkan diri melalaui websiteOculusVR.com. Pendaftaran dibuka pada tanggal 10 Juli 2014. Tentu saja Oculus akan memberi update info soal live streaming dalam waktu dekat.

Selain itu, Oculus juga mengumumkan bahwa mereka juga telah mengakuisisi RakNet. RakNet adalah game networking engine C++ canggih yang memberikan kemudahan dan performa tinggi untuk para pencipta video game. Teknologi RakNet telah digunakan oleh ribuan developer independen dan juga perusahaan-perusahan ternama seperti Unity, Havok, Mojang, Maxis dan Sony Online Entertainment.

Sumber: Blog Oculus VR.