StartupGame

5 Game Android Terbaik di 2014 Yang Harus Anda Coba

Tak terasa, akhir tahun kembali mendekat. 2014 akan segera berakhir. Anda mungkin akan disibukkan oleh berbagai aktivitias mendekati liburan Natal. Tapi bagi penggemarnya, sebuah hobi memang sulit ditinggalkan. Apalagi ia bersembunyi di perangkat mobile yang selalu dibawa kemana-mana, menggoda kita untuk men-tap shortcut icon di menu Android.

Google sangat mengerti hal itu. Di website Google Play, mereka mengurutkan 90 judul game mobile di tahun 2014 yang mendapatkan skor tinggi. Tak seperti Metacritic dan Game Rankings, game-game Android di-rating serta diulas sendiri oleh para pemain, dan penilaian bisa langsung disimak oleh sesamanya.

Di artikel ini saya merangkum lima judul game Android terbaik yang perlu Anda mainkan sebelum 2015 tiba. Tak ada urutan tertentu di daftar ini, dan saya memasukkannya berdasarkan pengalaman mencobanya, serta keunikan gameplay dan desain. Ini dia:

 

Hitman GO

Hitman GO merupakan spin-off dari seri permainan stealth-action legendaris Hitman. Namun bukannya mencoba meng-clone pendekatan serupa dari versi platform besar, developer IO Interactive menyajikan formula baru: puzzle berbumbu strategi turn-based adiktif dengan perspektif isometrik. Anda tetap akan memandu Agent 47 membungkam targetnya, tapi kini pemain harus menghadapi lawan melalui sudut pandang berbeda.

Unduh di sini. Harga: Rp 60 ribu

 

Info menarik: 5 Aplikasi Android Terbaik 2014 Versi Google Play

 

Final Fantasy VI

Dirilis 20 tahun silam untuk Super Nintendo, Final Fantasy VI beberapa kali juga sempat diluncurkan ulang di platform lain hingga akhirnya ia tiba di Android. Bagi banyak orang, ia adalah permainan Final Fantasy terbaik, sekaligus salah satu RPG terbaik sepanjang masa. Jika Anda mengaku sebagai penikmat mobile game sejati, sungguh salah rasanya jika melewati FFVI begitu saja. Untungnya tak ada kata terlambat untuk mulai memainkannya.

Downloaddi sini. Harga: Rp 150 ribu

 

Monument Valley

Bukan game biasa, Monument Valley mengkombinasi art-direction yang anggun dan minimalis dalam gameplay puzzle berbasis ilusi optik. Permainan buatan studio indie Ustwo tersebut mengajak Anda bermain sebagai Putri Ida melewati arsitektur-arsitektur 'mustahil' dalam perjalanan untuk meminta maaf. Bagi saya keunikan Monument Valley dapat disejajarkan dengan judul-judul indie ternama seperti Braid, Gone Home dan Limbo.

Dapatkan di sini. Harga: Rp 47 ribu

 

The Room Two

The Room Two awalnya dibuat untuk iPad sebagai sekuel dari permainan pemenang BAFTA, The Room. Seperti pendahulunya itu, ia adalah game puzzle tiga dimensi dengan mekanisme teka-teki yang saling terhubung, dengan satu misi: membuka kotak puzzle misterius. The Room Two sangat mengagumkan, navigasi layar sentuh diracik sedemikian rupa agar menyerupai interaksi gerakan tangan sesungguhnya. Anda wajib memainkannya.

Silakan beli di sini. Harga: Rp 33 ribu

 

Info menarik: Game Android Pilihan 1 – 7 Desember 2014

 

Thomas Was Alone

Empat tahun setelah Mike Bithell merancang Thomas Was Alone berbekal Flash, ia tiba di platform Android. Game di-setting dalam mainframe komputer, dimana sebuah 'Event' membuat AI jadi berantakan. Tugas Anda, memandu entitas-entitas berbentuk kotak-kotak menuju titik exit. Tiap bentuk mempunyai sifat berbeda dan gerakan berbeda. Meski tampak abstrak, Thomas Was Alone dipenuhi humor-humor yang dapat mengocok perut.

Beli via tautan ini. Harga: Rp 62 ribu

 

Rekomendasi lain: Machinarium

Machinarium tidak masuk dalam daftar lima game terbaik di 2014 karena ia sebenarnya sudah dirilis di Android cukup lama. Saya sendiri mencobanya pertama kali di Windows lima tahun silam. Machinarium ialah permainan puzzle sekaligus petualangan point and click, menyuguhkan dunia permainan artistik hasil gambar tangan. Ia tidak memiliki dialog lisan serta tertulis, dan pentunjuk tersaji melalui bubble a la komik berisi gambar.

Segera downloaddi sini. Harga: Rp 50 ribu

Sumber: Google Play.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again