15 August 2014

by Yoga Wisesa

Ini Dia 5 Mini PC Dengan Fitur, Kemampuan dan Penampilan Unik

Mini PC adalah komputer yang dirancang dalam ukuran kecil dan dilengkapi teknologi 'legacy-free' terbaru serta konektivitas modern. Biasanya produsen memasarkan produk tersebut dengan istilah berbeda seperti smart micro PC, thin client, miniature PC atau nettop.

Semenjak industri memasuki era PC+, produk Mini PC bukan hanya kian menjamur, tapi juga ditawarkan dengan performa tak kalah dari sepupu-sepupu desktopnya. Mini PC juga menawarkan fleksibilitas tinggi, harga yang cenderung lebih murah, dan kemudahan pemakaian, bahkan untuk para pengguna awam.

Dalam artikel kali ini saya tidak akan mencoba mengurutkan model-model Mini PC terbaik. Untuk menemukan yang terbaik, Anda harus mengujinya terlebih dahulu. Masalahnya saat ini hadir puluhan tipe Mini PC di pasar lokal, dan mereka memiliki spesifikasi dan fitur berbeda. Agar semuanya lebih sederhana, di bawah ini Anda bisa menyimak lima buah PC mungil dengan fitur, penampilan dan fungsi unik.

1. Go green: MSI Wind Box Salah satu alasan utama mengapa Mini PC menjadi digemari adalah karena user dapat menghemat daya listrik dalam pemakaian komputer sehari-hari. MSI memberikan solusinya dengan mengenalkan Wind Box untuk Anda. Model terbarunya hanya membutuhkan 40 Watt untuk beroperasi - lebih rendah dari bohlam dan juga kipas angin, dengan TDP komponen prosesor sebesar 17 Watt.

Bentuknya juga menawan: Wind Box berdiri dengan satu kaki dalam posisi 'menoleh' ke atas. Ia ramping dan berdesain elegan, lalu dilengkapi chassis yang sangat ringan. Di dalamnya, Anda mendapatkan prosesor dual-core Intel Celeron 847, GPU Intel HD, hard disk SATA II 2,5-inci dan RAM maksimal 4GB. Ia mendukung konektivitas HDMI, resolusi full-HD dan juga display dual-screen.

Info produk: MSI.com.

 

Info menarik: 5 Speaker Unik yang Bisa Anda Miliki Sekarang Juga

 

2. Home entertainment: ASRock Vision X Series Hadirnya mini PC juga menjadi alternatif bagi konsumen yang mencari device utama dalam hiburan di ruang keluarga. Dan dengan Vision X Series, ASRock bukan hanya menawarkan solusi hiburan tapi juga sebuah perangkat produktif berperforma tinggi. Vision X merupakan Mini PC serba guna, memanjakan Anda dengan kemampuan video, suara serta, gaming berkualitas.

ASRock Vision X memiliki kombinasi hardware yang tidak biasa. Ia ditenagai oleh prosesor Intel Haswell HM87 Express dan juga chip grafis AMD Radeon R9 M270X. Itulah jawaban ASRock untuk mendongkrak kemampuannya. Tentu saja Vision X mendukung konektivitas Bluetooth 4.0, Wi-Fi, Dolby TrueHD dan DTS HD Master audio via HDMI, dilengkapi konektor mSATA dan Mobile High Speed Link untuk menghadirkan video HD dari smartphone ke layar monitor.

Info produk: ASRock.com.

3. Adaptability: Acer Revo L Keunggulan lain dari Mini PC dibanding model komputer besar adalah kemampuan adaptasinya. Ia dapat menjadi pemanis ruangan ataupun dapat 'disembunyikan' jika Anda menginginkannya. Dan Acer Revo L memiliki fleksibilitas tertinggi di antara Mini PC lain serta menawarkan fungsi home theater. Revo L mampu berdiri dengan stand, dapat diselipkan di bawah HDTV 50-inci kesayangan Anda, atau ditambatkan di belakang layar.

Di sisi hardware, pengguna dapat memilih unit berprosesor Intel Celeron 1007U atau Core i3-2377M. Lalu ia didukung dengan kartu grafis Intel HD, memori RAM hingga 8GB, dan penyimpanan hard disk hingga 1TB. Untuk konektivitas, Acer Revo L dilengkapi Wi-Fi, USB 3.0, HDMI, Gigabit Ethernet, dan Bluetooth 4.0, tidak lupa 5.1-channel Dolby Home Theater serta Blue-ray.

Info produk: Acer.co.uk.

 

Info menarik: D2308U Adalah Mini PC Gaming Terbaru dari Giada

 

 

4. Gaming: Gigabyte Brix Gaming

Mengulas PC tak lengkap rasanya jika tidak membahas gaming. Tapi pertanyaannya, apakah Mini PC juga bisa dirancang sebagai instrumen gaming sejati? Brix Gaming adalah jawaban dari Gigabyte. Ukurannya memang lebih besar dibandingkan kawan-kawan sesama Mini PC-nya, tapi tetap sempurna untuk memuaskan para gamer antusias, terutama dalam ajang LAN party, kompetisi, dan acara-acara pameran gaming.

Sebagai pembangkit tenaga utama, Gigabyte memberikan kepercayaannya kepada AMD. Brix Gaming memanfaatkan chip APU AMD Richland A8-5557M dan kartu grafis discreet Radeon R9 M275X. Ia mudah dibuka (dan dioprek) oleh mereka yang gemar mengutak-atik, serta disajikan dengan konektivitas lengkap: USB 3.0, port LAN, HDMI, Mini DisplayPort, hingga Bluetooth 4.0. Bukan hanya judul permainan terbaru, Brix Gaming bisa dimanfaatkan oleh profesional di industri kreatif.

Info produk: Gigabyte.com.

5. Uniqueness: Zotac Zbox Sphere O-Series Berbagai macam desain diperkenalkan oleh produsen Mini PC demi mengejar status 'unik', tapi Zotac-lah kali ini yang mendapatkan sorotan utama. Mereka meninggalkan rancangan konservatif, bahkan meminimalisir jumlah sudut yang ada. Zotac Zbox 'Sphere' O-Series hadir sebagai Mini PC berbentuk bola pertama di dunia besutan sang produsen motherboard dan kartu grafis asal Macau tersebut.

Yang sangat dikagumi dari O-Series ialah bagaimana Zotac merangkai hardware di dalam casing yang membulat, dan semua ini bisa diakses dengan mudah. O-Series menyajikan Intel Core i5 4200U generasi keempat berkecepatan 1,6GHz, GPU Intel HD Graphics 4400, RAM 4GB, SSD atau hard disk 2,5-inci 500GB. Anda mendapatkan konektivitas ethernet, Wi-Fi, USB 3.0, HDMI dan DisplayPort.

Info produk: Zotac.com.