21 August 2012

by wiku

Ini Dia Aplikasi dan Perangkat Lunak yang Paling Populer di Kalangan Freelancer

Pertumbuhan dan perkembangan dunia internet berpengaruh pada pola kerja para freelancer - pekerja lepas. Entah itu yang yang bekerja di bidang desain, periklanan, pemasaran, layanan profesional serta teknologi dan digital media, bisa dibilang pekerjaannya akan selalu lekat pada berbagai aplikasi serta perangkat lunak yang biasanya juga berhubungan dengan internet. Terutama bagi para freelancer yang lingkungan kerjanya memang lekat dengan perkembangan teknologi, internet serta dunia digital.

Sebuah survei yang dilakukan oleh BestVendor menampilkan daftar 25 aplikasi dan perangkat lunak yang paling populer di kalangan freelancer. Hasilnya beberapa memang bisa ditebak namun keseluruhan daftar menjadi temuan yang menarik, karena bisa memperlihatkan bagaimana pola atau perilaku kerja serta cara berinteraksi para freelancer yang lekat dengan dunia teknologi menggunakan berbagai layanan yang ada di pasaran.

Dari hasil survei yang dilakukan pada 97 freelancer di seluruh dunia (57% Amerika Utara, 27% Eropa, 8% Asia dan 8% area lain) ini terungkap bahwa 5 aplikasi dan perangkat lunak yang paling sering digunakan adalah DropBox, Google Analytics, Gmail, Evernote dan Google Apps/Docs.

Survei ini juga mencantumkan beberapa layanan yang mungkin akan populer di masa depan. Survei dilakukan pada 97 freelancer dari seluruh dunia dengan komposisi paling banyak berasal dari bidang Teknologi dan Media Digital.

Untuk daftar lebih lengkap, Anda bisa melihat infografik di bawah ini. Anda freelancer? Jika iya Anda bisa menuliskan di kolom komentar apa aplikasi atau perangkat lunak yang paling sering Anda gunakan.

Sumber: BestVendor: Via: Mashable.