18 November 2013

by wiku

Ini Dia Hasil Speedtest Bolt 4G

Berita tentang dirilisnya layanan internet 4G Bolt dari Internux cukup mencuri perhatian penikmat teknologi. Jaringan cepat dalam mengakses internet sepertinya terus menjadi dambaan para pengguna internet tanah air.

Setelah skema prabayar dan pacabayar yang sempat dimuat di TRL, mungkin beberapa pembaca penasaran dengan kecepatan dari Bolt. Nah, berikut kami cantumkan speedtest Bolt 4G.

Rekan kami dari DailySocial, Aulia Masna, telah menggunakan layanan ini dan melakukan speedtest di daerah Cilandak Town Square atau Citos. Bolt sendiri jaringannya mencakup wilayah Jabodetabek. Berikut screenshot hasil speedtest di Citos.

Dari hasil tersebut, meski hasilnya lumayan tetapi jika dikaitkan dengan janji dari layanan ini, yang kecepatannya sampai 72 Mbps, masih jauh. Bolt menjanjikan kecepatan 4G LTE, yang peningkatan kecepatannya seharusnya 10 kali lebih cepat dibandingkan layanan yang sudah ada. Apakah ini dikarenakan layanan ini belum tersedia (dijual) secara luas meski sudah diluncurkan?

Bolt bekerja di frekuensi 2300 MHz, layanan dari perusahaan Internux ini menggunakan teknologi TD-LTE/LTE-TDD yang dikembangkan bersama dengan Huawei, sedangkan untuk pemasaran, Internux menggandeng First Media.

Pengguna yang ingin menikmati layanan Bolt diharuskan menggunakan perangkat yang telah disiapkan, harga prabayar adalah 299.000 rupiah untuk mobile WiFi (tersedia dari Huawei dan ZTE) sedangkan untuk modem dari ZTE adalah 199.000 dan 1.199.000 untuk home router dari Huawei dengan kuota 8 GB selama 30 hari.

Sedangkan kuota paket prabayar tersedia mulai dari 25.000 rupiah sampai dengan 200.000 rupiah dengan kuota mulai dari 2 GB sampai 30GB dan masa aktif mulai dari 30 hari sampai 60 hari. Untuk layanan pascabayar, biaya untuk semua perangkat yang tersedia (ada empat perangkat) disamakan seharga 149.000 perbulan dengan unlimited quota dan FUP 20GB/bulan dan minimum berlangganan 12 bulan.

Untuk fnformasi skema perbandingan harga dan fasilitas yang lebih lengkap, bisa cek di sini.

Internux telah menyiapkan 1500 BTS untuk layanan mereka dan akan bertambah hingga 3500 BTS di akhir tahun 2015. BTS yang tersedia disediakan dengan menyewa BTS dari 5 penyedia seperti Daya Mitra Telekomunikasi (Mitratel), Iforte, Protelindo, Solusi Tunas Pratama (STP), dan Tower Bersama Group (TBG).

Informasi terkait Bolt bisa dilihat di artikel TRL di sini dan ini untuk skema harga Bolt 4G.

Update: Berikut speedtest di beberapa lokasi lain di Jakarta.

Area Gandaria:

Area dekat Kemang Village: