5 October 2017

by Yoga Wisesa

Ini Dia Sejumlah Upgrade yang Google Bubuhkan di Headset VR Daydream View Baru

Upgrade diterapkan baik pada desain maupun di bagian dalam.

Daydream View ialah perangkat pertama pendukung Daydream, platform virtual reality berbasis Android yang dirancang untuk menyuguhkan konten berkualitas tinggi tanpa membebani pengguna dengan kerumitan pemakaian dan proses setup seperti Vive dan Rift. Dan tepat setahun sejak pertama kali diperkenalkan, Google mengungkap versi anyar headset VR mobile itu.

Google Daydream View baru memiliki dasar pengoperasian serupa pendahulunya, bertugas mengubah smartphone jadi unit head-mounted display. Handset diposisikan di depan mata, dan dengan sedikit modifikasi pada sistem output, layar bisa mensimulasikan perspektif 3D stereoscopic. Tentu saja ada sejumlah pembaruan yang produsen bubuhkan di sana, diterapkan baik pada desain maupun di bagian dalam.

Yang membuat desain Daydream View unik adalah pemanfaatan bahan kain di tubuhnya. Material ini tak hanya memberi sensasi berbeda ketika device dipegang, tapi juga membuatnya lebih nyaman dikenakan dibanding headset lain - Samsung Gear VR misalnya. Identitas tersebut tetap diusung oleh 'new' Daydream View, namun Google tak lupa memodifikasi rancangannya sehingga terlihat lebih simpel.

Material kain lagi-lagi menyelubungi seluruh permukaan Daydream View, dan hilang sudah 'bingkai' yang membatasi area tubuh headset dan bagian penutup depan. Selain itu, kait dan tali lentur masih dimanfaatkan untuk menahan lid tetap berada di tempatnya. Dan buat melengkapi aspek estetika, Google menyiapkan lebih banyak pilihan warna - ada abu-abu cerah, abu-abu gelap, dan peach.

Selanjutnya, Google meng-upgrade konstruksi headset sehingga lebih kokoh lagi, dan turut mengganti komponen lensa demi meningkatkan luas field-of-view. Sebagai input kendali, Daydream View baru masih memanfaatkan controller motion, dapat disembunyikan di dalam headset ketika sedang tak digunakan.

Controller untuk Daydream View.

Saat ini pengguna bisa mengakses konten VR di Google Play, dan di sana, telah menanti lebih dari 250 aplikasi pendukung Daydream View, di antaranya: Need For Speed: No Limits VR, Eclipse. Virtual Rabbids, Hungry Shark, Lego Brick Headz, EVE: Gunjack 2, Danger Goat hingga Wonder Glade. Anda juga dapat menyiarkan konten yang sedang dinikmati di headset ke layar televisi, sehingga teman-teman dan keluarga bisa turut menyaksikannya.

Varian anyar Daydream View dijajakan seharga US$ 100, lebih tinggi $ 20 dari device generasi pertama. Smartphone yang kompatibel ke headset meliputi Pixel 2, Pixel, Galaxy S8/S8 Plus, Galaxy Note 8, ZenFone AR, Axon 7, Mate 9 Pro, dan Moto Z serta Moto Z2.

Via Venture Beat.