Categories

Gadget

Ini Dia Smartphone Berprosesor Intel Atom x3 SoC Perdana, JOI Phone 5

Oki Rosgani - 30 June 2015

Sejak akhir tahun 2014 lalu, Intel telah gencar mempromosikan keluarga baru dari jajaran prosesor mobile teranyarnya yang ditujukan untuk perangkat kelas menengah.

Prosesor dengan nama kode, Sofia, yang pernah di perkenalkan pada sebuah acara konferensi pers di Plaza Senayan, Jakarta pada 16 Desember 2014 lalu itu merupakan prosesor mobile bernama lengkap Intel Atom x3 SoC. Ia hadir untuk memberikan kemampuan serta fitur koneksi 3G dan 4G untuk sejumlah smartphone kelas menengah dan siap melenggang ke pasaran mulai tahun ini.

Salah satu produsen yang telah mengadopsi prosesor Intel Atom x3 SoC ini adalah JOI Phone 5, ya, namanya mungkin sedikit asing ditelinga kita namun smartphone ini ditawarkan dengan harga yang cukup bersahabat. Selain itu, smartphone JOI Phone 5 telah didiapuk untuk menjadi salah satu smartphone pertama yang mengusung chipset Intel Atom x3 tersebut.

Info Menarik: Microsoft Rilis Windows 10 Mobile Build 10149

Lantas bagaimana dengan spesifikasinya? Smartphone JOI Phone 5 hadir dengan mengusung layar IPS berukuran 5 inci beresolusi 720p, smartphone ini diotaki dengan prosesor 64-bit dual-core Intel Atom x3-C3130, prosesor yang juga sempat nongol pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2015 di Barcelona ini mengusung arsitektur 28nm dan dijejali dengan modul grafis System On Chip (SoC) Mali-400P2 yang cukup mumpuni untuk memainkan game-gameAndroid masa kini.

Smartphone JOI Phone 5 ini juga mengusung RAM 1GB serta media penyimpanan internal sebesar 8GB, selain terdapat kamera 8 megapiksel sebagai kamera utama, smartphone ini juga memiliki kamera depan 2 megapiksel yang cukup untuk melakukan penggilan video (video calling) ataupun mengambil foto selfie.

Sama seperti smartphone Android lain pada umumnya, JOI Phone 5 juga hadir dengan koneksi Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0 serta menghadirkan fitur Dual SIM yang banyak diminati oleh para pengguna smartphone di Asia. Dan untuk pengoperasian sehari-harinya mempercayakan catu dayanya pada baterai Lithium-Ion berkapasitas 2.100 mAh.

Namun sayangnya, smartphone ini masih berjalan dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat dan bukan menjalankan sistem operasi Android 5.x Lollipop, pun belum ada informasi detail mengenai kemungkinan adanya update ke platform Android 5.0 Lollipop.

Info Menarik: Tambahkan Aria, Smartwatch Bisa Dikendalikan Sepenuhnya via Gerakan

Kendati ia tidak mengusung spesifikasi terkini, namun performa yang ditawarkan masih tergolong sangat mumpuni untuk digunakan oleh kebanyakan pengguna saat ini, terlebih dengan harga yang ditawarkan yang relatif cukup bersahabat untuk kebanyakan konsumen. Saat ini, JOI Phone 5 juga baru dirilis untuk pasar Malaysia melalui jaringan operator SNS yang ada di negeri Jiran tersebut, tapi belum ada kabar kapan smartphone berprosesor Intel Atom x3 ini akan masuk ke pasar tanah air.

Selain merilis smartphone JOI Phone 5, melalui jaringan operator SNS di Malaysia, JOI juga merilis sebuah phablet Android dengan spesifikasi yang nyaris serupa dengan JOI Phone 5, namun hadir dengan bentang layar yang lebih besar yakni berukuran 7 inci dengan resolusi 1024×600 piksel. Selain mengusung chipset 64-bit Intel Atom x3, perangkat phablet JOI 7 Lite juga hadir dengan kapasitas RAM 1GB serta media penyimpanan internal 8GB dan ditawarkan dengan harga $79 untuk tiap unitnya.

JOI Phablet 7 | Foto: GSMArena.com

Sumber: Softpedia, GSMArena | Gambar Header: GSMArena

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter