18 March 2019

by Bambang Winarso

Ini Jadwal Peluncuran dan Perangkat yang Dapat Jatah Update ColorOS 6

Oppo R15, R15 Dream Edition dan seri baru Reno akan dapat jatah pertama

ColorOS 6 pertama kali dikonfirmasi memasuki fase beta pada bulan November 2018 lalu. Meski belum apa-apa, kabar itu menjadi angin segar bagi para pemilik perangkat berlabel OPPO. Sayangnya, penantian panjang mereka belum akan berakhir bahkan ketika tahun telah berganti.

Kabar baik datang ketika muncul pemberitaan soal seri baru OPPO Reno April mendatang. Di mana bersama seri baru tersebut OPPO diyakini bakal meluncurkan custom UI barunya, ColorOS versi keenam. Tapi pengguna OPPO bisa bernafas lega karena pabrikan asal Tiongkok tersebut tidak hanya akan membenamkan seri terbaru custom UI-nya ke perangkat Reno tapi juga ke sejumlah perangkat lainnya.

Berikut ini adalah jadwal peluncuran ColorOS 6 ke beberapa perangkat keluaran OPPO.

  • Gelombang pertama: Oppo R15, R15 Dream Edition (April)
  • Gelombang kedua: Oppo Find X, R17, R17 Pro (Akhir August)
  • Gelombang ketiga: Oppo R11s, R11s Plus, R11, R11 Plus, A7x, A3 (September)

Perubahan yang akan dihadirkan oleh ColorOS 6 secara umum fokus pada sisi tampilan. Sorotan pertama tertuju pada perubahan tata letak UI, di mana teks dan ikon akan dirombak dan susun ulang. Warna putih akan mendominasi dengan sentuhan warna-warna progresif.

Secara keseluruhan, OS baru ini terlihat lebih halus dan elegan. Antarmuka memiliki font baru bernama Oppo Sans dan pengaturan huruf teks baru akan diperkenalkan. Hadir pula fitur game sounder yang memberikan efek mencekam saat permainan berlangsung.

Sejauh ini sisi desain masih yang paling menonjol dari ColorOS 6, bukan fungsional. Tetapi bagaimana dan apa saja yang sebenarnya akan dihadirkan masih harus ditunggu sampai kedatangannya.

Sumber berita Gizchina.