Sejak bulan Agustus lalu Center of Excellence for Collaborative Innovation (CoECI) dari NASA menggandeng Freelancer untuk menggelar turnamen yang diberi tajuk NASA Tournament Lab (NTL). Turnamen ini bertujuan untuk menyaring ide-ide kreatif seputar desain aplikasi salah satunya desain smartwatch bagi para astronot.

Harapannya, ide-ide tersebut dapat membantu NASA untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam upaya mereka mendorong eksplorasi luar angkasa, melalui inovasi dan pemikiran-pemikiran yang lebih segar.

Walhasil, tak kurang dari 1.500 desainer di bidang yang berbeda mulai dari grafis, UX dan industri ikut ambil bagian. Dan baru-baru ini Nasa telah mendapatkan pemenang untuk kontes disain aplikasi Smartwatch-nya.

Pemenangnya adalah kontestan dengan nama pengguna “igcalvo”, hasil desainnya dapat dilihat di bawah ini.

igcalvo

Dengan hasil ini, maka igcalvo berhak atas hadiah berupa uang tunai seperti yang dijanjikan sekaligus kesempatan emas untuk menjadi bagian dari sejarah eksplorasi luar angkasa.

Info Menarik:Lantern Ialah Perpustakaan Portable Yang Menerima Data Dari Luar Angkasa

Kontes NASA Tournament Lab sendiri sebenarnya digelar dalam beberapa kategori. Antara lain kontes mendesain logo untuk beberapa agensi NASA. Ada juga kontes Robonaut dan tentu kategori desain aplikasi smartwatch yang dimenangi oleh igcalvo di atas.

Indonesia termasuk salah satu dari 81 negara asal para kontestan. Kendati gagal menang di kategori desain aplikasi smartwatch, namun beberapa nama berhasil menjadi salah satu pemenang di kategori lainnya, mereka adalah:

  • Kontes membuat desain Flashlight : Ricky dari Cikarang, Bekasi, Indonesia memenangkan juara ke-3
  • Kontes membuat desain Sheathed Hose: Haryo Priyonggo dari Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia memenangkan juara pertama
  • Kontes membuat desain Soft Goods Task Panel : Gede Putu Suwastika Putra dari Bali, Indonesia memenangkan juara pertama
  • Kontes membuat desain Drill Baterry: Ricky dari Cikarang, Bekasi, Indonesia kembali memenangkan juara ke-3

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.