Categories

Gadget

Ini Tablet Anyar dari BlackBerry

Oki Rosgani - 19 March 2015

Penjualan perangkat tablet BlackBerry PlayBook dianggap kurang menggembirakan, hal ini menyusul banyaknya kritik yang dilontarkan terhadap perangkat sabak digital besutan BlackBerry itu. Kini BlackBerry siap kembali ke ranah perangkat tablet.

PlayBook dirilis saat masih bernama RIM (Research In Motion), kritik atas perangkat ini sebagian besar seputar minimnya fitur yang disematkan serta adanya masalah dalam penggunaan, padahal tablet PlayBook itu memang dibuat untuk kebutuhan yang berbeda, ia akan menjadi lebih 'sakti' bilamana disandingkan dengan smartphoneBlackBerry.

Christopher Smith, Vice President Application Platform di BlackBerry, disela-sela perhelatan BlackBerry Jam Asia beberapa waktu lalu pernah mengungkapkan bahwa BlackBerry PlayBook merupakan cikal bakal dari BlackBerry 10, karena perangkat tablet tersebut berjalan dengan platform QNX yang kini menjadi platform dasar dari BlackBerry 10.

Informasi Menarik:Oppo R7 Siap Sokong Kiprah R5 dengan Body Lebih Tipis?

Ia juga menyebutkan, kendati saat ini produksi dan penjualan tablet PlayBook berhenti, banyak orang yang tidak tahu bahwa PlayBook menjadi milestone untuk hadirnya platform BlackBerry 10 hingga saat ini.

John Chen, yang kini menjabat sebagai CEO, seperti yang dikutip dari CNet pernah mengatakan di acara MWC 2015, bahwa ada kemungkinan jika BlackBerry merilis kembali perangkat tablet, namun ada beberapa syarat yang harus diikuti, salah satunya adalah bahwa perangkat tablet itu harus memiliki perbedaan yang ikonik dan tidak hanya sekedar ikut-ikutan.

Pernyataann John Chen ternyata tidak main-main, ia bersama timnya kini tengah bersiap untuk merilis kembali perangkat tablet baru. Namun perangkat tablet yang tengah digarap bersama Secusmart, perusahaan yang pernah dibeli BlackBerry tahun lalu, bukan ditujukan untuk pengguna biasa. Perangkat tablet itu akan memiliki tingkat keamanan terbaik agar bisa digunakan oleh kalangan perusahaan dan juga pemerintah.

Perangkat tablet yang akan dinamai SecuTABLET ini memiliki kemampuan untuk dapat menyimpan dokumen secara rahasia serta memiliki teknologi enskripsi yang bisa mengamankan setiap panggilan yang dilakukan melalui perangkat tablet tersebut.

Samsung Galaxy Tab S 10.5 | Photo: The Verge

Bentuk fisik dari perangkat SecuTABLET adalah tablet Samsung Galaxy Tab S 10.5 yang telah dimodifikasi. Pihak BlackBerry bekerja sama dengan Samsung untuk perangkat SecuTABLET ini.

Informasi Menarik:Drone Mungil nan Modular Elf Dibekali Teknologi Virtual Reality

Selain bekerja sama dengan Samsung, BlackBerry juga telah memilih IBM sebagai mitra dalam pembuatan perangkat tablet barunya ini. Perangkat lunak dari IBM akan berperan untuk mengamankan semua dokumen dan data ketika seorang pengguna menginstal dan menjalan aplikasi baru ke dalam perangkat tablet ini.

Dari informasi yang kami kutip melalui situs The Verge, perangkat SecuTABLET ini rencananya akan mulai dirilis kepasaran pada musim panas tahun ini (waktu AS) atau sekitar bulan Juni, jadi mari kita tunggu saja.

Gambar Header ilustrasi: JapanTimes

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter