Categories

Mobile

Inikah Preview Aplikasi yang Dapat Dinikmati di Windows 10 untuk Ponsel?

Puja pramudya - 4 April 2015

Fitur yang terdapat pada buildpertama Windows 10 untuk ponsel memang masih terasa minim sehingga kita belum mendapat ‘gambaran’ lebih jauh aplikasi-aplikasi baru yang terdapat di dalam sistem operasi tersebut.

Pada build terbaru nanti yang akan memberikan dukungan lebih banyak terhadap perangkat, Microsoft memang menjanjikan ‘pengalaman’ Windows 10 yang lebih banyak. Namun, anggota Insider masih harus menunggu lebih lama ketersediaan build ini.

Info menarik: Microsoft Terapkan Teknologi Wi-Fi Super Cepat di Seattle Center

Pada situs WPXAP.com beradar sebuah rekaman video yang menunjukkan aplikasi-aplikasi yang terdapat di Windows 10 untuk ponsel. Meski tidak ada konfirmasi, bisa jadi inilah build terbaru yang telah dirilis Microsoft.

Beberapa aplikasi yang ditunjukkan misalnya aplikasi Contact dengan desain avatar baru berupa lingkaran (0:14). Kemudian ada aplikasi Messaging, juga menggunakan avatar baru berupa lingkaran (0:25).  DI video ini juga terlihat penggunaan application bar yang tidak lagi hanya berupa tombol berbentuk lingkaran. Kemudian ditampilkan juga aplikasi Dialer dengan tombol yang lebih besar (0:42).

Yang paling menarik adalah aplikasi email Outlook, yang sudah mengadopsi navigasi hamburger, model desain yang tampaknya akan digunakan oleh banyak aplikasi di Windows 10 (0:50). Terlihat jelas disini pola desain yang sama sekali baru, dimana aplikasi dapat menggunakan menu button pada bagian bawah dan juga atas, tidak lagi hanya application bar yang ada pada bagian bawah saja.

Pengaksesan Outlook juga terlihat banyak menggunakan gesture seperti swipe untuk menyunting atau menghapus email – gerakan yang sudah biasa kita temui di iOS atau Android.

Info menarik: Intel Braswell Hadir Dalam Varian Celeron dan Pentium yang Terjangkau

Terakhir ada Project Spartan (1:55) yang sekarang menggunakan address bar pada bagian atas. Terlihat kembali penggunaan application bar dengan bentuk button yang tidak melulu bulat. Dalam video tersebut saya menemukan inkonsistensi terhadap penggunaan toggle button yang digunakan di Spartan (berujung lengkung) dengan yang digunakan di aplikasi Outlook (berujung runcing). Belum terkonfirmasi manakah kontrol standar yang sebenarnya tersedia di aplikasi Windows 10 ini.

Sepertinya pada build terbaru nanti, Microsoft memang ingin menunjukkan lebih banyak lagi fitur baru di Windows 10. Hal ini senada dengan kicauan salah satu program manager Windows 10 untuk Ponsel yang mengabarkan lewat akun Twitter-nya bahwa update terbaru nanti akan membawa “banyak fitur baru”.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter