Categories

Internet

Inilah 10 Video YouTube Terpopuler di Indonesia Tahun 2015

Didominasi oleh karya YouTuber lokal

Glenn Kaonang - 10 December 2015

Seperti biasa, menjelang akhir tahun YouTube selalu mengumumkan daftar video terpopuler yang berhasil mendulang view paling banyak. Sama seperti tahun lalu, tahun ini YouTube kembali membagi daftarnya menjadi dua kategori, yakni musik dan non-musik.

Hal ini sama sekali tidak mengejutkan. Video musik adalah salah satu penyumbang traffic terbesar buat YouTube, dan di Indonesia situasinya pun juga sama – saya yakin Anda juga pernah memutar video musik hanya untuk menyenangkan telinganya saja, sedangkan mata Anda tertuju ke hal lainnya.

Untuk kategori non-musik, berikut daftar 10 video YouTube terpopuler di Indonesia tahun 2015:

Yang menarik, 6 dari 10 video yang berhasil masuk dalam daftar di atas adalah karya YouTuber lokal – tahun lalu cuma ada 3 video. Ini menunjukkan bahwa karya-karya anak bangsa semakin hari semakin matang dan sanggup menarik minat serta antusias kaum netizen tanah air. Apalagi yang mengangkat tema-tema keseharian seperti “28 Tipe Kaget” karya ChandraLiow.

Juga menarik untuk diperhatikan adalah kesuksesan acara televisi dalam meraih popularitas di YouTube. Seperti yang tercantum di atas, ada 2 video yang berasal dari channel X Factor Indonesia. Tren kesuksesan acara TV di YouTube ini semakin menguat ketika kita melihat daftar video terpopuler versi global. Berikut link-nya: Non-Musik dan Musik.

Sedangkan untuk video musik terpopuler di Indonesia, daftarnya adalah sebagai berikut:

Di sini lagi-lagi posisi pertama diduduki oleh musisi luar. Kendati demikian, penyanyi dangdut Cita Citata juga kembali menempati posisi kedua dengan “Goyang Dumang.” Ia bahkan semakin membuktikan kesuksesannya dengan sebuah video musik lain yang juga masuk dalam daftar yang sama di urutan keempat.

Putri Silalahi, Communications Head Google Indonesia, mengungkapkan bahwa ia sangat senang melihat tren dimana karya kreator Indonesia berhasil mendominasi daftar video terpopuler tahun ini. “Kami tak sabar melihat lebih banyak lagi kreativitas anak bangsa bermunculan dan menemukan audiensnya di YouTube,” pungkasnya.

Gambar header: YouTube via Shutterstock.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id