Indonesia tidak kehabisan talenta dalam pengembangan teknologi informasi apalagi dengan dorongan Samsung melalui Indonesia Next Apps (INA) 4.0. Dalam rangkaian acara INA 4.0 yang terdiri dari Developer Workshop dan Developer Code Night di delapan kota di Indonesia (Semarang, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Jakarta, Bandung, Medan, dan Makassar), Samsung menemukan banyak sekali potensi-potensi besar dari developer tanah air yang partisipasinya mencapai lebih dari 1.600 orang.

Sebagaimana tujuan awal INA 4.0 yakni untuk mengembangkan inovasi aplikasi di tanah air dan mendorong penciptaan aplikasi solusi untuk menjawab permasalahan industri di Indonesia, Samsung membuka pendaftaran aplikasi untuk seluruh pengembang aplikasi dan teknologi di Indonesia, dengan kategori Samsung SDK, Gear VR, Tizen Smartphone, Tizen Wearables, dan Industry Challenge.

Mereka yang mendaftarkan dirinya untuk kompetisi INA 4.0 telah berlomba mempersiapkan aplikasi terbaik, demi memperebutkan total hadiah hingga lebih dari 600 juta rupiah. Kompetisi tersebut kini sudah selangkah menuju acara puncaknya; 20 aplikasi akan mengikuti proses Judging dan Awarding INA 4.0, untuk mencari tahu siapa pengembang aplikasi terbaik tahun ini. Berikut adalah daftar finalis INA 4.0.

Catatan: Kategori Industry Challenge sudah melewati proses judging terpisah sebelumnya, dan akan langsung diumumkan pemenangnya pada saat Judging dan Awarding INA 4.0.

Kategori Samsung SDK

No.  Nama AplikasiNama Developer
1AthlestIan Rachman Dana
2KatoSulistiyanto
3Speak Out LoudFenton Martin
4MonaArrival Sentosa (ODT Indonesia)
5Catatan Harian Pak LurahBuchori Rafsanjani

Kategori Gear VR

No.  Nama AplikasiNama Developer
1GoSimulator VRIkl Mazadi (Gobaksodor)
2Starship Infiltration VRLazuardi Ya’qub Affan (Calcatz Studio)
3Road CrosserWida Praponco
4Mini RacesChristian Saragih
5Sky Battle ArenaGathot Fajar (Creacle)

Kategori Tizen Smartphone

No.  Nama AplikasiNama Developer
1Super Little JoggerSteven Aang (Firebeast)
2Kitaria Heroes: Force BenderYogie Aditya
3Crazy CargoRudy Sumarso (Wisageni)
4Dijamin HalalSabit Huraira
5RelaxioAdi Nugroho (Lonely Box)

Kategori Tizen Wearable

No.  Nama AplikasiNama Developer
1Calculate AreaToyo Wiyatno
2Fishing GoFrida Dwi Iswantoro (Noobzilla)
3Lava LeapRudy Sumarso (Wisageni)
4Mucha GunRizal Syaputra (NOXTAGE)
5Snipe & WatchGathot Fajar (Creacle)

Lima besar finalis dari masing-masing kategori akan mengikuti proses Judging dan Awarding INA 4.0 pada hari Senin, 9 Oktober 2017, di AYANA Midplaza, Jakarta. Masing-masing peserta diminta untuk mempresentasikan dan mendemonstrasikan aplikasi yang telah dikembangkannya di hadapan dewan juri yang terdiri kalangan profesional.

Di hari yang sama, pada sesi Awarding, Samsung akan mengumumkan juara dari setiap kategori kompetisi INA 4.0, dengan dihadiri Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Perindustrian, dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial hasil kerja sama Samsung dan DailySocial, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Indonesia Next Apps 4.0.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.