24 January 2013

by Amir Karimuddin

Inilah Aplikasi Mobile Terpopuler 2012 di Amerika Serikat Versi comScore

comScore merilis laporannya berkaitan dengan popularitas aplikasi mobile di platform iOS dan Android sepanjang 2012. Facebook dan Google Maps menjadi dua aplikasi mobile yang paling populer digunakan, dengan akhirnya Facebook menjadi pemuncak per akhir Desember 2012. Pandora Radio dan aplikasi pengunggah foto Cooliris adalah aplikasi buatan non-perusahaan teknologi besar yang termasuk ke dalam daftar 10 besar ini.

Seperti yang dilansir oleh comScore, Google Maps sempat lama berada di atas Facebook (untuk jumlah unique visitor bulanan) hingga akhirnya di bulan Oktober Google Maps mengalami kejatuhan setelah aplikasi native-nya di iOS diganti oleh Maps buatan Apple sendiri. Google Maps kembali merangkak lagi mengejar ketertinggalannya setelah aplikasinya kembali hadir di iOS tapi masih belum bisa mengalahkan Facebook kembali di penghujung 2012.

Layanan Google mendominasi daftar ini dengan memasukkan Google Play, Google Search, Gmail, YouTube ke dalam 10 besar. Apple iTunes dan Yahoo! Messenger melengkapi daftar ini. Untuk bagian engagement dengan konsumen, Facebook mendominasi daftarnya dengan 23% waktu yang disisihkan oleh konsumen untuk mengakses layanan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini.