31 January 2015

by Oki Rosgani

Inilah Bocoran Spesifikasi Smartphone Samsung XCover 3

Samsung dikabarkan tengah bersiap untuk kembali menghadirkan smartphone bagi para pengguna yang sering beraktivitas di luar ruang (outdoor). Salah satu produk tersebut akan menambah lini produk ruggedsmartphone. Dari rumor yang bereadar, smartphone ini akan diberi nama Galaxy XCover 3 dengan nomor model SM-G338F.

Smartphone ini merupakan seri lanjutan dari model sebelumnya yang dikenal dengan Galaxy XCover 2 yang pernah hadir dipasaran pada bulan Januari 2013 lalu. Dan bocoran informasi mengenai spesifikasi dari smartphone Galaxy XCover 3 ini telah muncul di internet.

Dari informasi yang kami dapat melalui situs GSMArena disebutkan bahwa smartphone Galaxy XCover 3 akan diotaki dengan prosesor Marvell Armada PXA1908, prosesor tersebut merupakan chipset yang menggunakan prosesor delapan inti (quad-core) dengan basis Cortex-A53. Smartphone tersebut juga akan dijejali dengan RAM 1GB serta mengusung layar 4.8 inci dengan resolusi 800 x 400 piksel.

Untuk media penyimpanan internal sendiri kabarnya hanya dibekali dengan ruang sebesar 8GB, namun kemungkinnan akan tersedia dukungan slot microSD untuk penambahan media penyimpanannya.

Dua buah kamera juga dikabarkan akan disematkan pada smartphone ini, dimana kamera 5 megapiksel terpasang  di bagian belakang sebagai kamera utama dan kamera 2 megapiksel terpasang dibagian depan sebagai kamera sekunder untuk melakukan panggilan video melalui aplikasi Skype misalnya atau juga untuk mengambil fotoselfie.

 

Info menarik: Jalani Debut Manis di Indonesia, OnePlus One Terjual 5.000 Unit

 

Spesifikasi yang ada memberikan gambaran bahwa smartphone Galaxy XCover 3 bukanlahsmartphone yang masuk kedalam kelas high-end, terlebih ketika smartphone ini juga hanya dijejali dengan sistem operasi Android 4.4.4 KitKat dan tidak menggunakan platformAndroid 5.0 Lollipop yang baru saja digulirkan Google.

Namun dengan bocoran casing yang ada memberikan prediksi bahwa smartphone ini akan masuk ke jenis rugged smartphone yang biasanya diberi kemampuan menahan benturan dan mungkin saja fitur lain. Desain ujungnya juga membuat smartphone ini terlihat kokoh.

Belum ada keterangan dari Samsung tentang informasi mengenai tanggal rilis dan harga jual untuk perangkat ini. Akankah smartphone ini hadir pada perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2015 yang berlangsung di Barcelona pada bulan Maret mendatang? Kita tunggu saja.

Sumber: 1, 2 | Gambar GSMarena | Gambar header: Samsung via Shutterstock.