Categories

Otomotif

Inilah Bus Double-Decker Bertenaga Listrik Pertama di Dunia

Glenn Kaonang - 2 July 2015

Selain Big Ben dan Istana Buckingham, apa lagi yang paling kita kenal dari kota London? Sebagian mungkin akan menjawab bus dua tingkat bercat merah, atau yang biasa dikenal dengan istilah bus double-decker.

Tidak lama lagi, ada pemandangan yang tak biasa di kota London. Di antara bus-bus besar berwarna merah tersebut, akan tampak satu bus yang sama, namun dengan cat berwarna hijau. Yup, satu bus double-decker tersebut ditenagai oleh energi listrik murni.

Kabar tersebut diumumkan langsung oleh walikota London, Boris Johnson, pada event Clean Bus Summit edisi perdana. Tentu saja, bus elektrik tersebut sama sekali tidak menghasilkan emisi karbon, sama seperti mobil-mobil elektrik pada umumnya.

Info menarik: Freightliner Inspiration Adalah Truk Raksasa dengan Teknologi Kemudi Otomatis

Sang walikota menuturkan bahwa selama ini bus double-decker bertenaga listrik murni mustahil untuk dibuat karena membutuhkan unit baterai yang berukuran sangat besar. Namun demikian, pendapat tersebut rupanya berhasil dipatahkan, dimana pihak pemerintah London telah bekerja sama dengan BYD Auto, sebuah perusahaan produsen bus asal Tiongkok.

Bus double-decker elektrik ini rencananya akan segera beroperasi pada bulan Oktober, menjadikan London sebagai kota pertama di dunia yang meraih prestasi serupa. Lebih lanjut, London juga akan menambahkan jumlah bus standar bertenaga listrik di beberapa rutenya, bahkan satu rute diyakini akan dilalui oleh kendaraan listrik sepenuhnya.

Sayangnya, belum ada informasi merinci soal bus double-decker elektrik tersebut. Saya pribadi penasaran seperti apa unit baterai yang dipakai, dan berapa jarak tempuhnya dalam satu kali charge.

Bagaimana dengan Transjakarta? Mungkin belum saatnya, namun ke depannya, langkah seperti ini harus diambil guna menekan tingkat polusi yang sepertinya semakin memburuk setiap tahunnya.

Sumber: Mashable. Sumber gambar: Associated Press, copyright Rex Features.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter