Categories

Gadget

Inilah Daftar Hardware Yang Dibutuhkan Buat Menjalankan Oculus Rift

Yoga Wisesa - 18 May 2015

Proses pengembangan device virtual reality bernama Oculus Rift akhirnya pelan-pelan usai. Tidak lama lagi, versi retail head-mounted display milik Facebook tersebut akan segera tersedia. Setelah menggoda konsumen dengan menampakkan tampilan paling anyar dari Rift, tim Oculus VR kini mengumumkan daftar hardware yang dibutuhkan demi mendukungnya.

Sejak pertama kali diungkap di situs Kickstarter, dua tema yang selalu dibahas mengenai Oculus Rift adalah bagaimana ia akan mengubah industri hiburan di masa depan, dan kira-kira butuh sistem seperti apa untuk menjalankannya. Buat pertanyaan terakhir itu, Oculus VR sudah punya jawabannya. Sedikit bocoran, butuh ‘pengorbanan’ cukup besar jika benar-benar ingin menikmati Rift secara optimal. Daftarnya dapat dilihat di bawah.

  • Kartu grafis Nvidia GeForce GTX 970 / AMD 290 atau GPU lebih tinggi
  • Prosesor sekelas Intel i5-4590 atau yang lebih canggih
  • Memori RAM 8GB atau lebih
  • Sistem operasi Microsoft Windows 7 SP 1 atau versi paling baru
  • Sepasang port USB 3.0
  • Output video HDMI 1.3, mendukung clock 297MHz melalui arsitektur direct output

Memang terlihat sangat menuntut. Namun menurut Chief Architect Oculus Atman Binstock, keputusan ini dibuat untuk memastikan developer mengoptimalkan konfigurasi hardware, serta menyuguhkan pengalaman virtual reality terbaik ke konsumen. VR memberikan hasil visual yang belum pernah ada sebelumnya, sistem pelacak posisi akan mempengaruhi persepsi tubuh manusia – belum bisa dilakukan dengan monitor.

Info menarik: Seperti Inilah Penampilan Versi Retail Oculus Rift

Konsekuensi dari hal itu ialah meroketnya kebutuhan terhadap teknik rendering dan kualitas grafis. Di satu sisi, device virtual reality turut kembali mendongkrak nilai performa dan kompetisi GPU. Selanjutnya, produsen – tak cuma tim Oculus VR – akan menemui tantangan yang harus mereka cari solusinya: harga atas kemampuan rendering, performa real-time, dan level latency.

Contoh perhitungannya seperti ini. Dalam permainan di PC biasa, 124 juta shaded pixel per detik dihasilkan dengan setting 1080p di 60 frame rate. Sedangkan Rift berjalan di resolusi 2160×1200 90Hz via display ganda, mengkonsumsi 233 juta pixel per detik. Di skala default, headset VR tersebut bahkan membutuhkan sekitar 400 juta shaded pixel per detik. Artinya, ia memerlukan tiga kali kekuatan render kartu grafis 1080p ‘standard’.

Melihat dari perspektif positif, Oculus Rift boleh jadi mampu memercik kembali api persaingan komponen grafis besutan produsen-produsen ternama. Tapi mungkin pengumuman ini terasa sedikit menjengkelkan, apalagi buat mereka yang baru saja melakukan upgrade GPU ke GTX 960 atau sekelasnya…

Sumber: Blog Oculus.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter