Categories

Gadget

Inilah Detail Fitur Smartphone Meizu MX4 Pro

Oki Rosgani - 20 November 2014

Setelah sebelumnya kami pernah mengulas informasi dari smartphoneMeizu MX4 Pro, kini keberadaan informasi lebih detail dari smartphone tersebut semakin nyata setelah situs Meizu merilis resmi foto smartphone MX4 Pro tersebut.

Dari foto itu sangat terlihat jelas bahwa smartphone lanjutan dari seri MX4 itu memiliki bentuk yang hampir mirip dengan iPhone 6 dibeberapa bagian serta iPad mini dibeberapa bagian. Meski demikian sebenarnya bentuk seperti ini sudah dihadirkan Meizu sejak merilis MX3 yang hadir jauh sebelum iPhone 6 dirilis Apple.

meizu-01

Tetapi beberapa detail yang hadir sekarang memang terasa mirip iPhone 6.  Misalnya bagian samping serta bentuk speaker yang ada di bagian bawah. Meizu juga telah menyematkan fitur pembaca sidik jari pada tombol Home yang diletakkan di bagian bawah layarnya.

Yang membuatnya berbeda dari smartphone Apple tentu adalah platform Android yang digunakan pada MX4 Pro, seperti yang telah kami ulas sebelumnya, bahwa MX4 Pro akan menjalankan aplikasi antarmuka Flyme 4.0 diatas platform Android 4.4.4 KitKat.

 

Info menarik: Nokia Kembali ke Segmen Perangkat Pintar, Rilis Tablet Nokia N1

 

Smartphone MX4 Pro juga akan hadir dengan layar berukuran 5.5 inci yang dapat menampilkan resolusi 2K (resolusi 2560 x 1536 piksel), namun pihak Meizu sesumbar bahwa layar yang disematkan pada MX4 Pro akan menampilkan gambar lebih baik dari layar 2K biasa. Layar smartphone ini hadir dengan kontras rasio 1500:1 pada kepadatan 546ppi yang dipadu dengan perlindungan dengan menggunakan kaca berbahan Gorilla Glass 3 yang dipercaya memiliki daya tahan lebih baik terhadap benturan dan goresan.

Ketika beberapa produsen mulai memproduksi smartphone dengan RAM 2GB, Meizu menawarkan smartphone MX4 Pro ini dengan dukungan RAM 3GB.

Saat tulisan ini kami buat, hanya ada beberapa produsen saja yang telah membuat RAM sebesar itu sehingga sangat beralasan jika Meizu menjadikan smartphone MX4 Pro menjadi produk flagship mereka tahun ini. Terlebih ketika smartphone ini juga diotaki dengan prosesor octa core Exynos 5430 serta dukungan modul grafis Mali T628 MP6 GPU yang berjalan pada kecepatan 600MHz.

Tidak hanya itu, sensor kamera utamanya menggunakan modul lensa IMX220 Exmor RS milik Sony yang memiliki kemampuan 20,7 megapiksel serta digital zoom hingga 4 kali, lensa ini juga dilindungi dengan kaca berbahan safir mirip lensa kamera yang terdapat pada smartphone iPhone besutan Apple.

Kemampuan prosesor kamera juga telah diperbaiki hingga mampu menangkap 30 gambar sekaligus dalam satu detik untuk mode burst. Sedangkan kamera depannya memiliki lensa 5 megapiksel yang dilengkapi dengan fitur Face AE dan algoritma FotoNation untuk mereka yang sering membuat foto selfie.

meizu-03

Kaca bahan safir juga disematkan pada tombol Home yang sekaligus memiliki fitur pembaca sidik jari (mirip TouchID pada iPhone) untuk mengamankan smartphone dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Meizu menyebut teknologi ini sebagai mTouch, fitur ini memiliki kemampuan scanning hingga 508ppi sehinga dapat membaca lekukan sidik jari penggunanya lebih detail.

 

Info menarik: Super, Aplikasi Jejaring Sosial Baru Dari Co-Founder Twitter

 

Sama seperti smartphone Android lain pada umumnya, smartphone Meizu MX4 Pro juga hadir dengan koneksi WiFi 802.11ac n/g/b/a, Bluetooth 4.0, dukungan fitur NFC (Near Field Communication) yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi elektronik maupun sharing data antar pengguna NFC.

Dilengkapi pula dengan berbagai sensor seperti gyroscopic dan sensor cahaya. Fitur baru lainnya yang dimiliki MX4 Pro adalah fitur yang disebut sebagai “Retina Sound”, fitur ini diklaim memiliki efek bass dan kejernihan suara yang lebih baik saat MX4 Pro memainkan file musik.

Baru-baru ini Meizu telah mendapatkan source code Android 5.0 Lollipop sehingga dalam waktu dekat smartphone produksinya akan siap mengadopsi platform teranyar hasil besutan Google tersebut. Hal ini juga diamini oleh Chief Developer Flyme UI yang sebelumnya telah memposting bocoran screenshot dari perintah antarmuka hasil kompilasi Android 5.0.0 R2 Lollipop. Sayangnya belum ada kabar mengenai berapa harga jual dari perangkat smartphone besutan vendor asal Tiongkok ini.

meizu-04

Sumber: SlashGear | Gambar Header: Meizu

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id