Categories

Gadget

Inilah Dia Mobile Workstation 15-6-Inci Tertipis dan Teringan Dari MSI

Yoga Wisesa - 23 October 2015

Didesain khusus untuk aplikasi teknis dan ilmiah, itulah deksripsi dari PC kelas workstation. Namun ia pun mengalami evolusi, workstation sekarang bukan lagi sekedar PC monster berukuran raksasa, sangat mungkin buat mengemas performa tinggi tersebut dalam bentuk yang lebih mungil. Dan MSI baru saja melangkah ke tingkatan baru peracikan workstation.

Perancangan mobile workstation bukanlah perkara asing buat MSI. Pencipta hardware dan PC asal Taiwan itu sudah lama memasarkan seri WT. Tipe ini mengusung wujud serupa notebook gaming, perbedaan hanya terletak di penyusunan hardware. MSI tahu, manuver harus diubah supaya brand tersebut unggul dari kompetitor di ranah profesional. Akhirnya diungkaplah WS60, workstation dengan penampilan ala ultrabook.

MSI tidak ragu menyebut WS60 sebagai workstation ultra-portable yang paling tipis dan paling ringan di level layar 15,6-inci. Mereka berusaha meramu notebook setipis-tipisnya, memanfaatkan chassis dari material magnesium-lithium, dan upaya tersebut memang membuahkan hasil. WS60 mempunyai ketebalan 2-sentimeter minus 1-milimeter, dengan bobot cuma 1,95-kilogram, sudah termasuk baterai.

Prinsip MSI adalah 'membuka potensi dan mendorong performa setinggi-tingginya namun tetap berpedoman pada portabilitas'. Dan khususnya WS60, produk ini diracang untuk desainer konten multimedia dan hiburan (M&E) serta teknisi CAD yang memerlukan mobilitas.

Info menarik: MSI Perkenalkan Dua Penerus Nightblade, Siap Tangani Streaming Xbox One

Dari penjelasan sang produsen, realisasi visi mereka sangat terbantu berkat kehadiran mikroarsitektur 14-nanometer di prosesor Intel Core generasi keenam 'Skylake', ditambah topangan Xeon E3-1505M. Ia memiliki fitur performa pintar di mana kecepatan prosesor dapat disesuaikan dengan kebutuhan olah 3D. Di sisi grafis, MSI memilih GPU Nvidia Quadro M1000M, menyajikan lompatan kinerja sebesar 50 persen dibanding pendahulunya.

Spesifikasi lainnya meliputi slot memory dual-channel maksimal 32GB, penyimpanan SSD dan hard drive 1TB, dukungan teknologi Matrix Display, serta konektivitas 'Super Port': USB3.1 Type-C, Thunderbolt 3, output 4K, fast charger (opsional). Pernak pernik yang ada di seri gaming juga diadopsi ke WS60, misalnya keyboard backlight SteelSeries, sistem audio Hi-Fi ESS Sabre, speaker Dynaudio ditambah Nahimic, sampai monitor berteknologi True Color.

Layaknya keluarga mobile workstation MSI, WS60 telah memperoleh sertifikasi dari Autodesk, Solidworks, PTC serta vendor-vendor software independen lain, jadi Anda tak perlu cemas soal kompatibilitasnya. Notebook ini telah di-preload bersama sistem operasi Windows 10 Pro, dan disediakan dua opsi layar - full-HD 1080p anti-glare atau UHD (3840 x 2160).

Sumber: MSI.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter