Sebagai salah satu situs e-commerce terbesar setanah air, Lazada menjual seabrek produk dari beragam kategori dan merek. Mulai dari popok bayi sampai smartphone, semuanya laku di Lazada. Tapi kemudian muncul pertanyaan konyol di benak saya: “Mana yang lebih laku di Lazada, popok bayi atau smartphone?”

Menjawab pertanyaan tersebut ternyata tidak semudah yang saya pikirkan. Pasalnya, kita juga harus memperhatikan sejumlah variabel seperti usia dan jenis kelamin konsumen. Perbedaan variabel ini jelas berpengaruh pada kategori dan merek produk yang dibeli.

Melalui sebuah siaran pers, Lazada rupanya tertarik mengungkapkan merek-merek apa saja yang paling populer di kalangan konsumen tanah air. Seperti yang saya sebutkan, proses pendataannya didasari oleh faktor usia dan jenis kelamin, sekaligus berdasarkan hasil pencarian di Google maupun popularitas di Facebook.

Gambar di bawah ini menunjukkan merek-merek produk yang paling banyak dibeli konsumen di Lazada, berdasarkan hasil pencarian di Google maupun like pada akun Facebook. Data ini diambil dari data penjualan internal Lazada Indonesia selama bulan Agustus sampai Oktober 2015.

lazada-brand-terpopuler

Seperti yang bisa kita lihat, kebanyakan konsumen Lazada sepertinya lebih sering berbelanja gadget. Namun ternyata nama brand Ponds pun juga termasuk salah satu yang paling populer.

Beralih ke gambar selanjutnya. Kali ini faktor yang diperhatikan adalah umur konsumen. Bisa dilihat ada kemiripan merek yang dicari berdasarkan tipe produk, namun ketertarikan akan merek tertentu ternyata berbeda untuk setiap kategori umur.

lazada-brand-berdasarkan-umur

BlackBerry rupanya masih menjadi kepercayaan konsumen berusia 55 tahun ke atas. Dari gambar ini juga bisa disimpulkan bahwa kategori usia tersebut rupanya fokus mencari gadget di Lazada, sedangkan kategori usia yang lebih muda masih menyempatkan berbelanja produk busana maupun kebutuhan harian, seperti yang bisa kita lihat dari merek-merek seperti Nike dan MamyPoko.

Masih seputar usia dan merek, brand Xiaomi dan Infinix rupanya mendulang popularitas terbanyak di kalangan muda-mudi sampai yang berusia 34 tahun. Mereka juga sepertinya banyak memakai smartphone dengan slot microSD karena nama SanDisk termasuk salah satu yang populer.

lazada-brand-berdasarkan-jenis-kelamin

Lalu kalau dilihat berdasarkan jenis kelamin, gambar menunjukkan bahwa pemburu gadget di Lazada mayoritas adalah kaum laki-laki, sedangkan kaum perempuan lebih tertarik mencari produk perawatan kulit dan sejenisnya – persis seperti yang saya alami dengan istri saya.

Ketiga gambar di atas secara garis besar bisa menunjukkan selera konsumen dalam mencari barang di Lazada. Saya penasaran apakah daftarnya akan berubah di Hari Belanja Online Nasional yang akan diadakan pada 10 – 12 Desember nanti akibat ‘perang diskon’. :)

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.